Kompas TV olahraga kompas sport

NASCAR Pertimbangkan Anjing untuk Deteksi Covid-19 dalam Lomba

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 14:11 WIB
nascar-pertimbangkan-anjing-untuk-deteksi-covid-19-dalam-lomba
Lapangan lomba NASCAR dengan lebar tiga baris di belakang di Daytona International Speedway. (Sumber: Nascarking, CC BY-SA 4.0 , via Wikimedia Commons)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

ATLANTA, KOMPAS.TV - Penyelenggara olahraga balap mobil NASCAR mempertimbangkan penggunaan anjing sebagai detektor Covid-19 dalam seri lombanya.

Anjing yang telah terlatih itu nantinya menjadi bagian personel penting dalam seri balapan di Atlanta Motor Speedway, Minggu (21/03/2021) mendatang.

Melansir UPI, Rabu (17/03/2021) pihak NASCAR menilai prosedur tersebut sebagai garis pertahanan pertama untuk membatasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Swiss Mulai Melatih Anjing Pelacak Untuk Deteksi Covid-19 Pada Manusia

"Kami pikir anjing-anjing ini dan kemampuannya akan memungkinkan kami untuk dengan cepat mengonfirmasi bahwa semua orang pada Minggu besok, tim balap, pejabat NASCAR, vendor yang bekerja dalam garasi, bebas Covid atau tidak," jelas Tom Bryant, direktur pelaksana balapan.

NASCAR melakukan kerjasama dengan organsasi pelatih anjing, 360 K9 Group. Dalam waktu kurang dari 30 detik, dua tim anjing akan menyaring para personel penting terpapar Covid-19 atau tidak.

Baca Juga: Anjing Pelacak di Jerman Dilatih Untuk Deteksi Covid-19, Hasilnya 94 Persen Akurat!

Anjing akan memberi tahu pawang ketika menemukan virus yang terdeteksi. Individu yang terjangkit langsung diisolasi dan menjalani pemeriksaan sekunder yang komprehensif oleh dokter utama medis Amerika.

Sebelumnya, tim NBA, Miami Heat telah menggunakan anjing pelacak Covid-19 untuk mengidentifikasi pengunjung dan karyawan mereka pada pertandingan kandang sejak Januari lalu.

Baca Juga: Menkominfo Tinjau Vaksinasi Covid-19 Wartawan di Hall A Basket GBK

"Pada dasarnya memberi kami kemampuan untuk menguji populasi pada hari perlombaan dan segera mengetahui bahwa orang-orang yang telah menyelesaikan proses penyaringan yang ditingkatkan ini dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi bebas dari COVID," ujar pihak Miami Heat.

Studi yang dilakukan 360 K9 Group menunjukkan bahwa anjing dapat menemukan keberadaan COVID-19 pada manusia dengan tingkat akurasi 98%.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x