Kompas TV nasional politik

Bersama Prabowo, Presiden Jokowi Tinjau Bakal Lumbung Pangan Nasional di Kapuas

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 14:38 WIB
bersama-prabowo-presiden-jokowi-tinjau-bakal-lumbung-pangan-nasional-di-kapuas
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan nasional dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah pada Kamis (9/7/2020). (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah pada hari ini. Di provinsi tersebut, Presiden meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan nasional (food estate).

Salah satu lokasi yang ditinjau Presiden terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Desa Bentuk Jaya diharapkan menjadi daerah lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa.

Di lokasi lumbung-lumbung pangan, Presiden menerima pemaparan dari Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo serta berdiskusi dengan sejumlah menteri terkait yang mendampingi dalam kunjungan kerja ini.

Lumbung pangan baru di Kabupaten Kapuas direncanakan akan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektare. Dari jumlah tersebut, lahan yang telah berfungsi sebagai lumbung pangan mencapai 5.840 hektare.

Terdapat kurang lebih 165 ribu hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional. Saat ini lahan seluas 85.500 hektare dari 165 ribu hektare itu merupakan lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya.

Selain Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, turut serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Selepas meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan nasional, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya dengan meninjau pengerjaan saluran irigasi Primer Induk di UPT A.5, Kecamatan Dadahup, yang dipandu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x