Kompas TV nasional politik

Jelang Pelantikan Prabowo, Negara Siapkan 60 Mobil Mercedes Benz S-Class

Kompas.tv - 17 Oktober 2024, 19:31 WIB
jelang-pelantikan-prabowo-negara-siapkan-60-mobil-mercedes-benz-s-class
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama bersama CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia Roelof Lamberts (kiri) saat acara serah terima 60 unit Mercedes Benz S-Class di Jakarta, Kamis (17/10/2024). (Sumber: Kemensetneg RI via Instagram)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 60 unit mobil mewah Mercedes Benz S-Class disiapkan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden RI di Jakarta pada Minggu (20/10/2024) mendatang. Kementerian Sekretariat Negara RI menyatakan bahwa ke-60 mobil tersebut disiapkan untuk kepala negara dan tamu negara saat pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pada Kamis (17/10/2024), Humas Kemensetneg mengunggah foto mobil mewah untuk tamu negara tersebut sekaligus acara serah terima dengan PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia selaku distributor.

Baca Juga: Bahlil usai Bertemu Prabowo di Kemenhan: Bahas Perkembangan Pasca Pelantikan

Acara serah terima Mercedes Benz S-Class itu digelar di halaman gedung utama Kemensetneg. Pihak Kemensetneg diwakili oleh Sekretaris Kemensetneg Setya Utama, sedangkan distributor diwakili CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia Roelof Lamberts. 

"Sebanyak 60 unit Mercedes Benz S-Class akan digunakan sebagai kendaraan resmi kepala negara, kepala pemerintahan, dan tamu negara pada saat pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI 2024-2029," demikian keterangan foto yang diunggah akun resmi Kemensetneg RI di media sosial Instagram, Kamis (17/10).

Puluhan mobil mewah itu dilaporkan akan digunakan selama rangkaian acara pelantikan berlangsung antara tanggal 19 hingga 21 Oktober 2024.

Sebelumnya, ramai di media sosial foto jajaran Mercedes Benz S-Class yang diparkir di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Beredar rumor bahwa puluhan mobil mewah tersebut diperuntukkan bagi menteri kabinet Prabowo-Gibran.

Akan tetapi, Mensesneg Pratikno menyampaikan bahwa jajaran mobil mewah di GBK itu disiapkan untuk tamu pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober mendatang.

“Mobil tersebut untuk transportasi penerimaan tamu negara VVIP dan VIP, bukan untuk menteri-menteri,” kata Pratikno, Senin (14/10).

Baca Juga: AHY Beberkan Isi Pertemuan Ketum Parpol KIM dan Prabowo

Pratikno menegaskan, puluhan mobil Mercedes-Benz S-Class yang disiapkan untuk tamu negara di hari pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden hanya bersifat pinjaman.


Menurut dia, Istana hanya membayar biaya kargo dan asuransi saja. "Seperti halnya penyambutan tamu negara saat KTT, kendaraan-kendaraan tersebut pinjaman dari pemegang merk," ujar Pratikno kepada Kompas.com, Senin (14/10/2024).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x