Kompas TV nasional peristiwa

Jubir Prabowo Jelaskan soal Budi Gunawan Ikut Pembekalan di Hambalang, Ini Katanya

Kompas.tv - 17 Oktober 2024, 13:44 WIB
jubir-prabowo-jelaskan-soal-budi-gunawan-ikut-pembekalan-di-hambalang-ini-katanya
Foto Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka bersama para calon menteri saat pembekalan di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Sumber: istimewa.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, jelaskan alasan  Budi Gunawan yang berada dalam pembekalan calon menteri-menteri Prabowo di Hambalang.

Menurut Dahnil,  pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membutuhkan kekuatan politik dalam menghadapi tantangan global, geopolitik, dan geostrategis.

Demikian Dahnil Anzar Simanjuntak saat dikonfirmasi soal keberadaan Budi Gunawan dalam pembekalan calon menteri Prabowo Subianto di Hambalang dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Kamis (17/10/2024).

“Ini kan kabinet kolaborasi, artinya semua unsur yang memiliki kekuatan politik, kemudian kompetensi itu saya dibutuhkan di dalam kabinet Pak Prabowo Subianto. Secara politik tentu ini membutuhkan keguyuban, stabilitas, di satu sisi untuk menghadapi tadi yang saya sebut tantangan global, kondisi geopolitik dan geostrategis,” jelas Dahnil.

Baca Juga: Dahnil: Prabowo Tegaskan Menteri-menterinya Harus Bebas dari Perilaku Berburu Rente

“Sehingga beberapa sosok yang bisa merepresentasikan unsur-unsur kelompok, baik itu kelompok politik, ormas dan etnis dan sebagainya diakomodir oleh Prabowo, dan ini lah kabinet yang nuansa ke-Indonesianya kerasa karena membangun gotong-royong, kira-kira begitu dalam bahasa yang sering disampaikan oleh Pak Prabowo,” tambahnya.

Namun lebih lanjut, Dahnil menegaskan, dirinya tidak punya otoritas untuk menjelaskan lebih jauh soal penunjukan Budi Gunawan. Menurut Dahnil, menunjuk menteri atau pembantu dalam menjalankan roda pemerintahan adalah hak prerogatif Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Yang saya maksud adalah kabinet secara umum, tapi kalau tentang penunjukkan Budi Gunawan tentu saya tidak punya otoritas, itu hak prerogatif Pak Prabowo,” ujar Dahnil.

“Namun secara umum dari semua kombinasi persona yang ada dalam kabinet ini ya itulah tujuan utama Pak Prabowo,” tambahnya.

Baca Juga: Pramono Anung: Kalau Saya Terpilih Jadi Gubernur Jakarta Pasti Bekerja Sama dengan Pak Prabowo

Lalu Dahnil dikonfirmasi, apakah keberadaan Budi Gunawan dalam pembekalan di Hambalang ada kaitannya dengan PDI Perjuangan. Dahnil mengatakan, dirinya tidak dalam kapasitas untuk menjawab hal tersebut.

“Saya tidak dalam porsi menjawab,” kata Dahnil.

“Nggak tahu apakah Pak Budi Gunawan kader PDIP atau bukan, nggak tahu apakah Pak Budi Gunawan dulu di BIN merepresentasikan PDIP atau bukan, kan yang bisa menjawab Pak Budi Gunawan atau PDIP,” tambahnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x