Kompas TV nasional peristiwa

Terbakar Padahal Belum Sebulan Beroprasi, Operasional Smelter Freeport Gresik Dihentikan Sementara

Kompas.tv - 16 Oktober 2024, 00:07 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

GERSIK, KOMPAS.TV - Smelter asam sulfat milik PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur, terbakar pada Senin, 14 Oktober. Pasca kebakaran, operasional unit dihentikan sementara. 

Karyawan pabrik asam sulfat di smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur, panik akibat kebakaran yang terjadi di kawasan pabrik. 

Sejumlah pekerja juga meminta rekan-rekan mereka untuk segera menjauh dari bangunan yang terbakar. Tidak lama berselang, terdengar suara ledakan yang berasal dari bangunan tersebut. 

Kebakaran terjadi pada pukul 17.45 WIB, Senin, 14 Oktober. Video kebakaran dengan cepat menyebar ke grup percakapan WhatsApp. 

Tim tanggap darurat PT Freeport Indonesia segera mengendalikan kebakaran agar tidak meluas dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran. 

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran, dan api sudah berhasil dipadamkan. 

Untuk sementara, kegiatan operasional dihentikan. Manajemen Freeport Indonesia akan melakukan asesmen dan evaluasi terkait kebakaran di unit asam sulfat smelter. 

Belum genap sebulan sejak produksi katoda tembaga perdana dari smelter kedua PT Freeport Indonesia ini diresmikan. 

Smelter yang berada di Gresik, Jawa Timur, digadang sebagai smelter tembaga single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan konsentrat tembaga sebesar 1,7 juta ton per tahun.

#smelter #kebakaran #gresik 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x