Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Targetkan Swasembada Pangan Paling Lambat 4 Tahun Setelah Menerima Mandat

Kompas.tv - 10 Oktober 2024, 10:40 WIB
prabowo-targetkan-swasembada-pangan-paling-lambat-4-tahun-setelah-menerima-mandat
Foto ilustrasi. Petani memasukan gabah ke karung di persawahan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Senin (23/11/2020). Presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan Indonesia swsembada pangan pada 4 tahun pemerintahannya berjalan. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto targetkan pemerintahannya bisa melakukan swasembada pangan paling lambat 4 tahun setelah dirinya dilantik.

Hal tersebut disampaikan Prabowo Subianto dalam pidatonya di acara Penutupan BNI Investor Daily Summit 2024, Rabu (9/10/2024).

“Saudara-saudara tidak ada pilihan, kita harus swasembada pangan, dan saya yakin dan percaya, kita akan swasembada pangan paling lambat 4 tahun setelah saya menerima mandat 20 Oktober 2024,” ucap Prabowo. Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Tidak hanya swasembada pangan, Prabowo menginginkan Indonesia juga melakukan swasembada energi. Sebab menurutnya, Indonesia tidak boleh lagi bergantung pada import bahan bakar.

Baca Juga: Prabowo saat Kabinetnya Diprediksi Gemuk: Negara Kita Besar Bung, Luasnya Setara 27 Negara Eropa

“Kalau terjadi krisis sama lagi, sekarang Israel diramalkan akan menyerang ladang-ladang minyak Iran, Iran mengatakan, kalau ladang minyak dan gas mereka diserang, mereka akan balas, menyerang ladang-ladang minyak gas sekutu-sekutu Amerika,” kata Prabowo.

“Berarti Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, ini sekutu Amerika semua, karena Amerika dianggap mendukung Israel, Iran kalau diserang yang dibalas sekutu-sekutu Amerika, kita bisa bayangkan harga minyak berapa,” tambahnya.

Kemudian, Prabowo menambahkan pentingnya melakukan hilirisasi selain swasembada pangan dan energi. Mengingat, Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel dan bauksit terbesar di dunia.

Baca Juga: Prabowo Subianto Mengaku Dibantu Jokowi dan Timnya Dalam Menyusun Kabinet

“Ini mutlak, kunci terhadap kebangkitan kita, kita harus hilirisasi, dari hilirisasi kita laksanakan industrialisasi,” ujar Prabowo Subianto.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x