Kompas TV nasional rumah pemilu

Polisi Kerahkan 1.634 Personel Amankan Depat Perdana Pilkada Jakarta 2024 Nanti Malam

Kompas.tv - 6 Oktober 2024, 09:16 WIB
polisi-kerahkan-1-634-personel-amankan-depat-perdana-pilkada-jakarta-2024-nanti-malam
Polisi berjaga untuk mengamankan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) peserta Pilkada Jakarta 2024 di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024). (Sumber: Siti Nurhaliza/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyampaikan bahwa sebanyak 1.634 petugas gabungan akan dikerahkan mengamankan debat perdana Pilkada Jakarta 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024). Adapun debat perdana Pilkada Jakarta ini akan digelar mulai pukul 19.00 WIB.

Kombes Susatyo menyebut seribu lebih petugas gabungan tersebut berasal dari unsur Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI Jakarta, dan instansi terkait lainnya.

"Dalam rangka pengamanan debat pertama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 ini, kami melibatkan sejumlah 1.634 personel gabungan yang akan ditempatkan di Jakarta International Expo (JIExpo)," kata Susatyo, Minggu (6/10).

Baca Juga: Risma Tak Pikirkan Debat Perdana Pilkada Jatim: Sudah Khatamlah Itu

Susatyo menjelaskan, petugas gabungan yang mengamankan debat akan diterjunkan ke dalam tiga ring. Ring 1 adalah area debat, ring 2 sekitar lobi dan pintu masuk JIExpo, ring 3 sektor terluar kawasan JIExpo hingga kantung-kantung parkir.

Pintu masuk dan area pendukung paslon akan dijaga 231 personel. Area lobi akan dijaga 494 personel untuk menjaga massa paslon dan pintu masuk VIP, kemudian pintu masuk VIP yang digunakan paslon calon gubernur dan wakil gubernur akan dijaga 208 personel.

"Penjagaan kami fokuskan di pintu masuk dan area lobi untuk menjaga massa ataupun pendukung setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, sedangkan yang lainnya berjaga di ring 1, 2, dan 3," kata Susatyo dikutip Antara.

Sementara itu, terkait rekayasa lalu lintas selama debat, Susatyo menyebutnya akan dilakukan secara situasional. Polisi akan menentukan rekayasa lalu lintas dengan melihat dinamika di lapangan.

"Bila nanti di sekitar JIEXpo Kemayoran ini ada massa tim sukses (timses), pendukung paslon cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," katanya.

Susatyo mengimbau masyarakat untuk menghindari lokasi kawasan JIExpo Kemayoran yang menjadi lokasi debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 akan diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta, Pramono Sebut Enggan Terbebani Hal yang Tidak Perlu


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x