Kompas TV nasional rumah pemilu

Polda Metro Jaya Pastikan Keamanan Debat Pertama Cagub-Cawagub DKI Jakarta 2024

Kompas.tv - 5 Oktober 2024, 14:23 WIB
polda-metro-jaya-pastikan-keamanan-debat-pertama-cagub-cawagub-dki-jakarta-2024
Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Polda Metro Jaya memastikan bahwa debat pertama Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) DKI Jakarta dalam Pilkada 2024 akan berlangsung aman tanpa adanya ancaman yang dapat mengganggu jalannya acara. 

Debat pertama Pilkada Jakarta tersebut dijadwalkan berlangsung pada Minggu (6/10/2024) malam di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto menegaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan pengamanan maksimal guna memastikan kelancaran debat. 

"Kami akan pastikan semua aspek keamanan dapat terjaga dengan baik dan tidak ada ancaman yang dapat mengganggu jalannya acara," kata Karyoto dalam keterangannya, Sabtu (5/10/2024), dikutip dari Antara.

Karyoto menginstruksikan kepada para kepala satuan kerja (kasatker) dan kepala satuan wilayah (kasatwil) agar terus berkoordinasi dengan TNI serta pihak terkait lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas keamanan selama tahapan Pilkada DKI Jakarta.

"Lakukan komunikasi yang efektif kepada seluruh pihak agar setiap perkembangan dapat direspons dengan cepat dan tepat dan memberikan dampak positif bagi demokrasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya," ujar Karyoto.

Ia juga mengimbau seluruh jajarannya untuk tetap menjaga profesionalisme dan integritas selama berlangsungnya Pilkada. 

Baca Juga: Jokowi Minta TNI Jaga Stabilitas Saat Pilkada Serentak, Dukung Penuh Transisi Pemerintahan

“Saya ingatkan kepada para personel agar menjunjung tinggi netralitas dengan tidak berpolitik praktis, mengarah pada keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan calon kepala daerah peserta Pilkada 2024,” ucapnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Ary Syam Indradi turut mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye Pilkada. 

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban sangat penting untuk memastikan semua tahapan Pilkada berlangsung aman dan kondusif.

“Sehingga kegiatan tahap kampanye Cagub-Cawagub Jakarta nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ujar Ade Ary.

Debat pertama Pilkada DKI Jakarta akan diikuti oleh tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. 

Pasangan nomor urut 1 adalah Ridwan Kamil dan Suswono, pasangan nomor urut 2 Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, serta pasangan nomor urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan bahwa debat perdana ini akan dimulai pukul 19.00 WIB dan berlangsung selama 150 menit. 

Adapun tema yang akan diangkat adalah "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global." 

Baca Juga: Ditanya soal Persiapan Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024, Ini Respons Cawagub Rano Karno!




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x