Kompas TV nasional peristiwa

Edison Nggwijangge, Peran di Balik Layar Putra Nduga dalam Pembebasan Philip Mehrtens

Kompas.tv - 21 September 2024, 17:30 WIB
edison-nggwijangge-peran-di-balik-layar-putra-nduga-dalam-pembebasan-philip-mehrtens
Phillip Mark Mehrtens berswafoto bersama Edison Nggwijangge dalam helikopter dari Nduga menuju Timika, Papua Tengah, Sabtu (21/9/2024). (Sumber: Dokumentasi Tim Mediasi Edison Nggwijangge via Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

TIMIKA, KOMPAS.TV - Pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens akhirnya dibebaskan Organisasi Papua Merdeka (OPM) setelah disandera selama lebih dari 1,5 tahun. Philip dibebaskan usai proses mediasi yang dilakukan berulang kali antara pemerintah dan kelompok pemberontak itu.

Philip Mehrtens diketahui diculik di Lapangan Terbang Distrik Paro, Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023 silam. Pilot Selandia Baru ini diculik oleh sekelompok pemberontak OPM pimpinan Egianus Kogoya.

Pemerintah kemudian berupaya membebaskan Philip melalui pendekatan lunak dan persuasif. Salah satu tim mediasi yang dikirim pemerintah untuk berunding dengan kelompok Egianus Kogoya dipimpin eks penjabat Bupati Nduga, Edison Nggwijangge.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mehrtens yang Disandera KKB 1,5 Tahun

Edison dan timnya telah mendekati OPM untuk membebaskan Philip sejak tahun lalu. Kata Edison, saat dilantik sebagai penjabat Bupati Nduga pada 5 Juni 2023 silam, pemerintah pusat memberinya tugas untuk membebaskan Philip.

"Puji Tuhan, pembebasan Mehrtens berjalan baik setelah melalui perjuangan panjang lebih dari setahun. Upaya ini berkat pendekatan secara kekeluargaan,” kata Edison dalam keterangan yang diterima Kompas.id, Sabtu (21/9/2024).

Edison pun mengapresiasi pihak Egianus Kogoya yang bersedia berkomunikasi dengan Pemda Nduga terkait penyanderaan Philip. Tim Edison beberapa kali bertemu perwakilan OPM untuk membebaskan sang pilot setahun belakangan.

"Akhirnya hati Egianus pun luluh dan membebaskan Mehrtens pada Sabtu ini," kata Edison.

Usai dibebaskan OPM, Philip Mehrtens dijemput oleh Edison dan tim dengan helikopter Asian One PK-LTY. Philip Mehrtens dijemput di daerah Yuguru, Nduga kemudian diterbangkan ke Lanud Yohanis Kapiyau, Timika. Pilot Selandia Baru itu langsung diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu (21/9) sore ini.

Baca Juga: Pilot Philip Mehrtens Dibebaskan, Susi Pudjiastuti Ucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x