Kompas TV nasional peristiwa

Pilot Philip Mehrtens Dibebaskan, Susi Pudjiastuti Ucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah

Kompas.tv - 21 September 2024, 11:36 WIB
pilot-philip-mehrtens-dibebaskan-susi-pudjiastuti-ucapkan-terima-kasih-kepada-pemerintah
Pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mehrtens, akhirnya berhasil dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua, Sabtu (21/9/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Susi Pudjiastuti mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia setelah dibebaskannya pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mehrtens, yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya selama 1,5 tahun, Sabtu (21/9/2024)

Melalui unggahan di akun X-nya, Susi bersyukur pilot Philip sudah kembali dan kini berada di Timika.

"Alhamdullilah Hirrabbil Alamiin Mendapat Kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika," tulis Susi.

Founder Susi Air itu kemudian berterima kasih kepada pemerintah Indonesia, mulai dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan TNI.

"Alloh Maha Besar dan Kasih. Terima kasih kami kepada Pemerintah Bapak @jokowi  @prabowo @Puspen_TNI @ListyoSigitP @HumasPolri dan seluruh pihak yang telah membantu kepulangan Pilot kami," kata Susi.

Seperti diberitakan KompasTV sebelumnya, Pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mehrtens, akhirnya berhasil dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua, Sabtu (21/9/2024).

Keberhasilan ini tidak lepas dari pendekatan soft approach yang dikedepankan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Satgas Operasi Damai Cartenz 2024.

Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, mengungkapkan bahwa pihaknya selama ini lebih memilih melakukan pendekatan persuasif melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat Egianus Kogoya. 

Baca Juga: Pilot Susi Air Philip Mehrtens Berhasil Dibebaskan setelah 1,5 Tahun Disandera KKB

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," kata Faizal, dalam rilisnya, Sabtu (21/9/2024).

Setelah melalui berbagai upaya diplomasi tersebut, Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024, Sabtu hari ini.

Proses penjemputan berlangsung di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga. Setelah berhasil dijemput, Pilot Philip langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B di Timika.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, KBP Dr Bayu Suseno, menjelaskan bahwa Pilot Philip dibebaskan dalam keadaan sehat dan aman.

“Ya, benar sekali. Hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika,” ujar Bayu.

Sesampainya di Timika, Pilot Philip langsung dibawa ke ruang khusus untuk menjalani mitigasi medis. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatannya, baik secara fisik maupun psikologis. 

Setelah menjalani pemeriksaan medis, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B, Timika.

"Setelah dilakukan mitigasi, akan dilanjutkan dengan konferensi pers. Silakan rekan-rekan media dapat hadir ke posko kami di Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk mendengar langsung isi konferensi pers dari para pejabat," kata Bayu.

Sebagai informasi, Philip Mehrtens disandera oleh KKB sejak 7 Februari 2023 setelah mendaratkan pesawat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. 

Baca Juga: 19 Bulan Disandera OPM Rencana Bebaskan Pilot Susi Air Tanpa Syarat




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x