Kompas TV nasional politik

Tanggapi Elektabilitas RK-Suswono, Chico Hakim: Jangan-Jangan 2 Minggu Sudah Terkejar

Kompas.tv - 19 September 2024, 21:29 WIB
tanggapi-elektabilitas-rk-suswono-chico-hakim-jangan-jangan-2-minggu-sudah-terkejar
Juru bicara tim pemenangan pasangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024, Chico Hakim, dalam dialog Kompas Petang, Kamis (19/9/2024). (Sumber: Tangkapan layar)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Chico Hakim selaku juru bicara tim pemenangan pasangan bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno mengaku bersyukur melihat hasil survei terkini Lembaga Survei Indonesia (LSI) tentang elektabilitas kandidat Pilkada Jakarta.

Diketahui, berdasarkan hasil survei LSI, elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada di angka 51,8 persen.

Kemudian Pramono Anung-Rano Karno 28,4 persen, dan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,2 persen.

“Di grup WA (Whatsapp) kami, di grup WA tim pemenangan, kita mengucap syukur alhamdulillah,” kata Chico dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (19/9/2024).

“Apalagi, kalau tidak salah, survei ini dilakukan sekitar dua minggu pasca penetapan, artinya Mas Pram juga setelah penetapan tidak langsung berkeliling dan menyapa warga untuk menyosialisasikan diri, baru sekitar 1,5 minggu terakhir,” tuturnya.

Baca Juga: Alasan Pendukung Anies Pilih RK-Suswono di Pilkada Jakarta

Selama ini, kata Chico, pihaknya menganggap bahwa pasangan Pramono-Rano memulai perhelatan tersebut dari nol.

“Apalagi tadi disampaikan oleh Mas Jayadi, kalau kita bicara soal rasionalitas, perbandingan-perbandingan, rasionya, Mas Pram itu baru dikenal sekitar 40-an persen warga Jakarta kemudian mendapat elektabilitas sekitar 20an persen,” ujarnya.

“Sementara Ridwan Kamil dikenal 90 persen warga Jakarta, tapi elektabilitasnya cuma 51 persen,” tambah Chico.

Berdasarkan hal-hal tersebut, Chico mengaku yakin pasangan Pramono-Rano bisa menyusul elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono.

“Jadi, kalau kita, bisa menyusul itu, dan kuncinya yang utama menurut saya faktor pertama adalah menaikkan tingkat pengenalan Mas Pram, karena saya melihat Mas Pram itu ketika dikenal pasti disayang,” ujarnya.

Baca Juga: Analisis Direktur LSI, Djayadi Hanan soal Pengaruh Suara Pendukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Saat ditanya apakah mungkin mengejar elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono yang di atas 50 persen dalam waktu singkat, Chico dengan tegas menyebut bisa.

“Bisa dong. Dari nol ke 28 persen dalam 1,5 minggu saja bisa, jangan-jangan 2 minggu lagi sudah terkejar,” kata dia, optimis.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x