Kompas TV nasional peristiwa

IKN Resmi Dibuka untuk Umum Hari Ini, Simak Cara Daftar dan Jam Operasionalnya

Kompas.tv - 16 September 2024, 10:45 WIB
ikn-resmi-dibuka-untuk-umum-hari-ini-simak-cara-daftar-dan-jam-operasionalnya
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, menjadi pusat perhatian tamu VVIP pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: ANTARA/Andi Firdaus)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah resmi membuka kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bagi masyarakat umum hari ini, Senin (16/9/2024).

Otorita IKN mengatakan masyarakat dapat melakukan kunjungan ke IKN mulai pukul 09.00-17.00 WITA. Namun, sebelum itu, masyarakat diminta mendaftar terlebih dahulu.

Selain itu, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 300 orang per hari lantaran kawasan IKN masih tahap pembangunan.

"Kunjungan umum itu, agar masyarakat bisa rasakan sendiri semangat pembangunan ibu kota masa depan Indonesia," kata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw di Penajam, Minggu (15/9) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Libur Maulid Nabi 2024 Hari Ini, Ragunan Zoo Tetap Buka, Cek Jam Operasional dan Harga Tiketnya

Nantinya, masyarakat bisa melihat langsung Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Kota Nusantara. 

Mengenai panduan kunjungan ke Kota Nusantara masyarakat dapat mengunduh aplikasi IKNOW melalui Appstore (IOS) dan Playstore (Android) dan mendaftarkan diri untuk melakukan kunjungan.

"Apabila ada kendala dalam aplikasi dapat hubungi kontak IKNOW 0821-4437-6300, untuk panduan kunjungan juga bisa diakses masyarakat di https://ikn.go.id/PedomanKunjunganNusantara," ujar Troy Pantouw.

Pengunjung juga wajib patuhi peraturan selama melakukan kunjungan ke Kota Nusantara, menggunakan transportasi umum yang disediakan pada titik kumpul, menjaga kebersihan, dilarang merokok, dan dilarang memasuki areal yang bukan sebagai area kunjungan, serta mematuhi seluruh arahan dari petugas di lapangan.

Berikut adalah tata cara kunjungan umum masyarakat:

  • Pengunjung wajib mendaftarkan diri melalui aplikasi IKNOW sebelum waktu kunjungan ke Nusantara
  • Titik parkir kendaraan pengunjung sekaligus sebagai titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (Samping RS Hermina),
  • Di titik kumpul, pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW yang valid kepada petugas Liaison Officers (LO)

Baca Juga: Prabowo Bakal Bentuk Zaken Kabinet, Parpol Ketar-Ketir?

  • Setelah pemeriksaan, pengunjung didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa, perjalanan ini ditempuh dengan durasi 10 menit
  • Pengunjung akan turun di Halte Plaza Seremoni Barat di mana pengunjung dapat mengunjungi baik Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa yang ada di sebelah barat
  • Di Plaza Seremoni, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center
  • Di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung juga dapat melihat sejumlah landmark penting dari kejauhan seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni
  • Pengunjung dapat kembali ke Rest Area/Simpang Trunen menggunakan EV Bus yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x