Kompas TV nasional humaniora

Masyarakat Diperbolehkan Mengunjungi IKN, Begini Caranya

Kompas.tv - 15 September 2024, 16:46 WIB
masyarakat-diperbolehkan-mengunjungi-ikn-begini-caranya
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, menjadi pusat perhatian tamu VVIP pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Sumber:Kompas.tv/Ant/Andi Firdaus)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memperbolehkan masyarakat untuk melihat langsung Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara, besok (16/9/2024).

Kunjungan tersebut bisa dimulai 16 September 2024, masyarakat bisa melakukan kunjungan setiap hari antara pukul 09.00 hingga 17.00 WITA.

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama kunjungan, OIKN bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta berbagai pihak terkait telah menyusun panduan kunjungan yang detail. Panduan ini berisi informasi penting seperti prosedur pendaftaran dan penggunaan transportasi.

Troy Pantouw, Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara OIKN, menjelaskan bahwa pemerintah ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan secara langsung perkembangan pembangunan IKN, sambil tetap menjaga kelancaran proses pembangunan yang sedang berlangsung.

"Panduan ini adalah bagian dari komitmen kami untuk melibatkan seluruh rakyat Indonesia dalam perjalanan pembangunan IKN," kata Troy dikutip dari Kompas.com, Minggu (15/9).

Selama kunjungan, masyarakat wajib mematuhi ketentuan yang berlaku seperti menggunakan transportasi umum yang disediakan pada titik kumpul, dan menjaga kebersihan.

Kemudian, dilarang merokok, dilarang memasuki area yang bukan sebagai area berkunjung dan mematuhi seluruh arahan dari petugas di lapangan.

Baca Juga: Buru Pembunuh Gadis Penjual Gorengan, Polisi Persempit Ruang Gerak Terduga Pelaku

Berikut adalah tata cara kunjungan umum masyarakat ke IKN

  • Pengunjung wajib terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri melalui aplikasi IKNOW sebelum waktu kunjungan ke Nusantara
  • Titik parkir kendaraan pengunjung sekaligus sebagai titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (Samping RS Hermina);
  • Di titik kumpul pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW yang valid kepada petugas Liaison Officers (LO);
  • Setelah pemeriksaan, pengunjung didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan kendaraan listrik Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa, perjalanan ini ditempuh dengan durasi 10 menit;
  • Pengunjung akan turun di Halte Plaza Seremoni Barat di mana pengunjung dapat mengunjungi baik Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa yang ada di sebelah barat.
  • Di Plaza Seremoni, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center.
  • Di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung juga dapat melihat sejumlah tengara penting dari kejauhan seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni;
  • Pengunjung dapat kembali ke Rest Area/Simpang Trunen menggunakan kendaraan listrik Bus yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.

Karena Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini masih dalam tahap pembangunan, pihak Otorita IKN membatasi jumlah pengunjung maksimal hingga 300 orang per hari demi menjaga aspek keamanan, ketertiban, dan keselamatan.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai panduan kunjungan, dapat mengunduh aplikasi IKNOW melalui platform Appstore (iOS) di tautan berikut: https://ikn.go.id/IKNOW-IOS atau Playstore (Android) di https://ikn.go.id/IKNOW-ANDROID.

Jika mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi, pengunjung dapat menghubungi kontak IKNOW di nomor 082144376300. Selain itu, panduan kunjungan lengkap juga tersedia melalui tautan berikut: https://ikn.go.id/PedomanKunjunganNusantara.

Baca Juga: Update Kondisi Akses ke Venue Voli Indoor dan Masalah Konsumsi Atlet PON XXI Aceh-Sumut


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x