Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Resmikan Infrastruktur untuk PON XXI di Aceh yang Habiskan Anggaran Rp811 M

Kompas.tv - 9 September 2024, 13:54 WIB
jokowi-resmikan-infrastruktur-untuk-pon-xxi-di-aceh-yang-habiskan-anggaran-rp811-m
Presiden Joko Widodo (Sumber: KOMPAS.com/Dian Erika)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah infrastruktur Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Peresmian dilakukan Presiden Jokowi di Stadion H. Dimurthala, Kota Banda Aceh, untuk meresmikan rehabilitasi, renovasi dan pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024).

“Dalam rangka mendukung pelaksanaan PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara sejak 2023 kita telah melaksanakan renovasi dan pembangunan venue-venue,” kata Jokowi.

“Di Provinsi Aceh ada 18 venue PON yang telah dibangun di renovasi dengan biaya anggaran Rp811 miliar rupiah, ke-18 venue tersebut tersebar di Kota Banda Aceh kemudian di Kabupaten Aceh Besar, Pidie, dan di Kabupaten Aceh,” tambahnya.

Baca Juga: Istana Ungkap Alasan Jokowi Berkantor di IKN Jelang Habis Masa Jabatan

Presiden Jokowi berharap, dengan dibangunnya venue-venue tersebut, pemerintah daerah bisa merawat dan memanfaatkannya dengan baik.

“Setelah mampu membangun venue-venue yang bagus ini, tugas selanjutnya bapak ibu sekalian, terutama pemerintah daerah, provinsi, dan Kota/Kabupaten agar menjaga, merawat dan memanfaatkan venue-venue ini sebaik-baiknya,” ujar Jokowi.

“Saya tidak ingin setelah PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana yang sangat besar tadi Rp811 miliar rupiah menjadi tidak terawat dan akhirnya rusak. Ini pengalaman dari PON sebelumnya.”

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menekankan agar pengelolaan dan pemanfaatan fasilitas ini secara professional. Sehingga muncul bibit unggul di bidang olahraga untuk banyak cabang.

“Agar terpelihara dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang hingga puluhan tahun ke depan, manfaatkan venue-venue ini sebagai tempat penjaringan dan pembinaan bibit unggul di bidang olahraga sebagai tempat pelatihan para atlet dari Aceh untuk meningkatkan prestasi dari cabang-cabang olahraga untuk nantinya bertanding di tingkat nasional,” kata Jokowi.

Baca Juga: Pengamat Sebut Kritik JK ke Nadiem Tepat: Ada Masalah Manajemen Pendidikan yang Fundamental

Selain meresmikan fasilitas terkait PON, PPresiden Jokowi juga akan meresmikan ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh dan meninjau RSUD di Kota Banda Aceh.

“Usai peresmian, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatannya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x