Kompas TV nasional peristiwa

Bertemu Paus Fransiskus, Jokowi Pakai Toyota Innova Zenix, Hasan Nasbi: Itu Bentuk Penghormatan

Kompas.tv - 5 September 2024, 14:24 WIB
bertemu-paus-fransiskus-jokowi-pakai-toyota-innova-zenix-hasan-nasbi-itu-bentuk-penghormatan
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran dalam rangkaian penyambutan dirinya di Masjid Istiqlal. (Sumber: Tangkapan Layar Breakingnews Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo akan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix untuk bertemu Paus Fransiskus sebelum Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik tersebut hadir dalam acara Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, (5/9/2024).

Penggunaan mobil tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi sebagai bentuk penghormatan kepada Paus Fransiskus.

Demikian Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/Presidential Communication Office (PCO) Hasan Nasbi sebagaimana dikutip dari Antara.

“Itu bentuk penghormatan,” kata Hasan Nasbi.

Baca Juga: Umat Katolik Berharap Paus Fransiskus Doakan Indonesia dalam Misa di GBK

Hasan Nasbi lebih lanjut menuturkan, sejatinya Presiden Jokowi pada kesempatan lain juga sering menggunakan kendaraan tersebut untuk kegiatan-kegiatan pribadi. Sehingga penggunaan mobil tersebut, merupakan sesuatu yang wajar.

“Kalau datang menghadiri misa Paus (menemui Paus sebelum Misa Akbar) dengan kendaraan itu juga wajar, sebab Paus juga menggunakan kendaraan yang sama. Mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi,” jelasnya.

Terpisah, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin menuturkan penggantian kendaraan oleh Presiden merupakan hal yang biasa, utamanya dalam kegiatan yang bersifat incognito atau penyamaran. Bahkan, kata Achiruddin, Presiden Jokowi akan menggunakan kendaraan yang sama dalam kegiatan Kamis hari ini.

Baca Juga: Paus Fransiskus kepada Kelompok Berkebutuhan Khusus: Kalian adalah Bintang Bersinar

“Besok (Kamis hari ini) pun beliau akan gunakan mobil tersebut. Sebenarnya itu hal biasa karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (penyamaran), beliau sering menggunakan kendaraan Innova,” jelas Achiruddin.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x