Kompas TV nasional peristiwa

Penjelasan Istana soal Jokowi Gunakan Innova Zenix, Seperti Dipakai Paus Fransiskus

Kompas.tv - 5 September 2024, 09:54 WIB
penjelasan-istana-soal-jokowi-gunakan-innova-zenix-seperti-dipakai-paus-fransiskus
Jokowi naik Innova Zenix dengan plat RI 1 (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penggunaan mobil Toyota Innova Zenix oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Paus Fransiskus selama kunjungan di Jakarta telah menarik perhatian publik. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana memberikan penjelasan resmi mengenai hal ini.

Yusuf menegaskan bahwa Presiden Jokowi difasilitasi dengan beragam kendaraan operasional kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali Presiden Jokowi menggunakan kendaraan Innova," jelasnya dalam rilis yang diterima Kompas TV, Rabu (4/9/2024).

Perbedaan mencolok terlihat pada warna dan pelat nomor kendaraan yang digunakan kedua pemimpin:

  • Presiden Jokowi: Innova Zenix warna hitam dengan pelat nomor RI 1
  • Paus Fransiskus: Innova Zenix warna putih dengan pelat nomor SCV 1

Menurut Yusuf, penggunaan Innova Zenix oleh Presiden Jokowi akan berlanjut pada hari-hari berikutnya. Ia menambahkan bahwa pergantian kendaraan merupakan hal yang biasa dilakukan, tergantung pada situasi dan kondisi.

"Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medan-nya berat," ujarnya.

Terkait keamanan, Komandan Paspampres Mayjen Achiruddin memastikan tidak ada masalah dalam penggunaan mobil Innova Zenix.

Baca Juga: Polri Siapkan Rute Drop Off dan Kantung Parkir Bus Pengangkut Jemaat Misa Paus, Ini Titiknya

"Secara SOP, pengamanan terhadap Presiden tetap maksimal dan berlapis, serta dengan perhitungan yang matang. Kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi," tegasnya.

Paspampres tetap memperketat pengamanan dengan berkoordinasi bersama pasukan pengamanan wilayah dan menempatkan personel di sepanjang rute perjalanan Presiden. Hal ini menjamin keselamatan Presiden selama menggunakan kendaraan tersebut.

Sementara itu, pemilihan Innova Zenix untuk Paus Fransiskus mencerminkan preferensi beliau untuk hidup sederhana. Meskipun sebagai tamu negara Paus Fransiskus dapat menggunakan mobil mewah seperti Mercedes Benz, beliau memilih untuk menolaknya.

Keputusan ini sejalan dengan gaya hidup Paus Fransiskus di Vatikan, di mana beliau tidak pernah menggunakan mobil buatan Jerman yang dianggap menyimbolkan kemewahan.

“Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat di sini, Toyota Innova,” ucap Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x