Kompas TV nasional peristiwa

Menlu: Paus Fransiskus Sebut Keragaman Indonesia Ciptakan Kedamaian Bisa Jadi Contoh Dunia

Kompas.tv - 4 September 2024, 13:52 WIB
menlu-paus-fransiskus-sebut-keragaman-indonesia-ciptakan-kedamaian-bisa-jadi-contoh-dunia
Presiden RI Joko Widodo (jokowi) menyalami pimpinan Umat Katolik sedunia Paus Fransiskus saat berkunjung ke Istana, Rabu (4/9/2024). (Sumber: Tangkapan layar YouTube)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Sri Paus Fransiskus sebut Indonesia memiliki keragaman yang sangat luar biasa dan bisa menjadi contoh dunia. Sebab keberagaman di Indonesia justru menciptakan kehidupan yang damai.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat ditemui di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

“Sri Paus juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keragaman yang sangat luar biasa dan dapat menjadi contoh dunia, di mana keberagaman ini justru dapat hidup menciptakan kehidupan yang damai,” ucap Menlu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Temui Fauzi Bowo di Setu Babakan, Ini yang Dilakukan

“Sri paus juga mengatakan bahwa perang adalah sebuah kekalahan.”

Dalam kedatangannya, lanjut Menlu, Paus juga menyampaikan kekagumannya dengan cara Indonesia merayakan perbedaan.

“Dan Sri Paus juga menyampaikan terkesan cara indonesia merayakan perbedaan dan beliau menyampaikan pesan kepada Bapak Presiden untuk disampaikan salamnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama untuk anak-anak muda dan anak-anak Indonesia, beliau secara khusus menyampaikan salamnya,” ujar Menlu.

“Itulah yang disampaikan Sri Paus pada saat pembicaraan bilateral dengan bapak Presiden,” tambah Menlu.

Baca Juga: Menlu soal Jokowi Kenalkan Prabowo sebagai Presiden Terpilih: Paus Mengatakan Ini Tradisi Bagus

Selain itu, Menlu menyampaikan, Paus juga menyampaikan terima kasih atas keramahtamahan yang diberikan oleh seluruh masyarakat indonesia dalam menyambut kehadirannya.

“Beliau menyampaikan bahwa perbedaan merupakan sebuah anugerah dan setiap orang memiliki kekhasan dan karena masing-masing kekhasan itulah maka dapat terbentuk sebuah simfoni yang baik. Dan Sri Paus menekankan bahwa kita semua adalah bersaudara,” kata Menlu.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x