Kompas TV nasional peristiwa

Di Mana Kaesang? Awalnya Akan Iringi Pendaftaran ke KPU hingga KPK Tak Tahu Keberadaannya

Kompas.tv - 3 September 2024, 08:32 WIB
di-mana-kaesang-awalnya-akan-iringi-pendaftaran-ke-kpu-hingga-kpk-tak-tahu-keberadaannya
Spanduk Kaesang di Jalan Hang Tuah Raya yang menghalangi trotoar pejalan kaki pada Senin, 12 Agustus 2024. (Sumber: KOMPAS.com/RAMA PARAMAHAMSA)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak diketahui keberadaanya, sejak unggahan soal jet pribadi dan gaya hidup sang istri di Amerika Serikat, Erina Gudono, disorot. Unggahan yang bikin ramai itu, bertepatan dengan demonstrasi para mahasiswa dan masyarakat sipil terhadap rencana DPR mengesahkan UU Pilkada dengan cara merevisi putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sempat memastikan Kaesang hadir di Tanah Air pada 28 Agustus, saat Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendaftarkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta.

"Mas Kaesang juga akan ikut mengantarkan Kang Emil dan Pak Suswono mendaftar di KPUD DKI Jakarta," kata Raja Juli Antoni saat jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2024).


Baca Juga: Saat Orang Terdekat Tidak Tahu Keberadaan Kaesang Usai Kontroversi Jet Pribadi

Namun hingga pendaftaran usai, Kaesang justru tidak tampak. 

Sementara para politikus PSI lain kompak bungkam atas keberadaan ketua umum mereka. Hanya Grace Natalie yang menjawab singkat. "Enggak tahu," ujar Grace saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (2/9/2024).

Selain Grace, Kompas.com juga berupaya menghubungi Wakil Ketua Umum (Waketum) PSI Andy Budiman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni, serta Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka. Namun, tak ada yang merespons.

Setali tiga uang dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang sedang mempersiapkan surat undangan bagi Kaesang. Namun, KPK mengaku belum tahu keberadaan Kaesang.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan hendak meminta klarifikasi sejak pekan lalu atau usai isu dugaan gratifikasi jet pribadi mencuat di media sosial. Namun, KPK tidak tahu keberadaan Kaesang.

“Surat sedang dikonsepkan, surat undangan. Terserah nanti, apakah akan (klarifikasi). Dan kita tidak yang tahu bersangkutan saat ini ada di mana,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Jumat (30/8/2024).

Baca Juga: KPK Masih Proses Surat Undangan untuk Kaesang soal Fasilitas Jet Pribadi, Keberadaan Belum Diketahui

Menurut Alex, Kaesang harusnya mendatangi KPK RI untuk memberikan klarifikasi mengenai isu yang berkembang soal penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat. Sebab, KPK tetap merasa perlu mendengarkan keterangan Kaesang untuk memastikan fasilitas pesawat jet pribadi itu termasuk gratifikasi atau tidak.

“Ini mekanisme prosedur biasa saja yang berlaku di KPK ya. Kalau ada informasi dari masyarakat, kami biasanya mengundang,” kata Alex. 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x