Kompas TV nasional rumah pemilu

Ridwan Kamil Ungkap Alasan Maju di Pilkada Jakarta: Arahan Pak Prabowo

Kompas.tv - 1 September 2024, 19:18 WIB
ridwan-kamil-ungkap-alasan-maju-di-pilkada-jakarta-arahan-pak-prabowo
Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, hadir dalam acara deklarasi koalisi jelang Pilkada Jakarta 2024 di The Sultan Hotel, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Sumber: ANTARA/Luthfia Miranda P)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil, mengungkap alasan dirinya maju dalam gelaran Pilkada Jakarta 2024. 

Pria yang karib disapa RK itu mengaku mendapatkan arahan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar maju dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 27 November mendatang itu. 

Ia menyebut, Prabowo sebagai Presiden terpilih 2024-2029, menginginkan Jakarta dipimpin seorang gubernur yang teknokrat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bungkam soal Isu 'Campur Tangan' Jegal Anies Baswedan di Pilkada 2024

Hal itu ia katakan saat menghadiri acara deklarasi Pasukan Jalak Nasional, relawan pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024, di Jakarta, Minggu (1/9/2024). 

"Tapi perintah dari partai, arahan dari pak Prabowo, Jakarta butuh teknokrat yang bisa memikirkan apa pasca tidak lagi jadi ibu kota," kata RK.

Awalnya, dia menceritakan kisahnya saat bertemu Prabowo. Kala itu, kata dia, dirinya menginginkan maju di Pilkada Jawa Barat. 

"Karena saat ditanya, 'Kang Emil gimana?' Ya saya nyamannya di Jawa Barat, kan incumbent, top approval rating-nya saya 90 persen di Jawa Barat, pengen jadi gubernur ada 70 persen. Jadi saya sebenarnya di sana (Jawa Barat)," katanya. 

Mantan gubernur Jawa Barat itu pun berjanji bakal tegak lurus dengan program pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Terlebih, kata Ridwan, dirinya merupakam Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jawa Barat.

“Kalau kami menang, Pak Prabowo satu frekuensi dengan kami, itu yang penting, beliau tenang, beliau fokus, Jakarta diutus kebetulan saya ketua TKD, tim kampanye daerah,” katanya.

Sementara mantan Komandan Golf Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti, berharap pasangan Ridwan-Suswono bisa mensinergikan program pemerintah pusat dengan Jakarta. 

“Hari ini kita semua berkumpul di sini untuk bersama-sama berkompetisi kembali memenangkan pasangan yang sudah diperintahkan untuk diusung oleh Pak Prabowo sebagai Presiden terpilih 2024-2029,” kata Moti.

Dia menyakini Jakarta baru di bawah kepemimpinan RK dan Suswono akan lebih maju.

“Kami tidak menghendaki Gubernur, Bupati, Wali Kota menjadi oposisi terhadap pemerintah pusat, sebagai kepala daerah secara konstitusi sudah seharusnya selaras dan tunduk melaksanakan kebijakan pemerintah pusat,” kata Moti.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Suswono Tes Kesehatan untuk Maju Pilkada Jakarta, RK Sebut Sudah Persiapkan Diri

“Kami berharap Pilkada Jakarta dan pilkada serentak untuk memilih gubernur, bupati dan wali lota di seluruh wilayah Indonesia berlangsung sejuk, rukun dan damai. Jangan ada benturan SARA,” imbuhnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x