Kompas TV nasional peristiwa

Kementerian PUPR dan Kemenhub Uji Coba Landasan Pacu Bandara IKN, Lakukan Proving Flight

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 13:50 WIB
kementerian-pupr-dan-kemenhub-uji-coba-landasan-pacu-bandara-ikn-lakukan-proving-flight
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melakukan uji coba landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu (25/8/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

KALIMANTAN TIMUR, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan melakukan uji coba landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu (25/8/2024).

Prosesi uji coba lepas landas dan pendaratan yang dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO itu berjalan mulus dan lancar.

Uji coba landasan pacu tersebut disaksikan oleh Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menhub Budi mengatakan, pihaknya melakukan proving flight agar tidak terjadi konflik di udara dengan pesawat lainnya.

Baca Juga: Jokowi Bakal Pindah ke IKN, Menhub Sebut Bandara Siap Didarati Pesawat Presiden Awal September

“Yang kita lakukan sekarang semacam proving flight karena yang dibuat tidak hanya runway, tetapi jalur-jalur udaranya. Semua sudah didesain supaya tidak konflik dengan bandara di Balikpapan dan Samarinda. Jadi nanti pada saat digunakan dengan frekuensi padat, di ruang udara sudah tidak terjadi konflik,” ujar Menhub dalam keterangan yang diterima Kompas.tv.

Proving flight merupakan proses uji operasional yang dilakukan untuk memastikan kesiapan terbang di rute penerbangan baru.

Setelah uji coba ini, akan dilanjutkan sejumlah asesmen lainnya terkait keselamatan dan keamanan penerbangan. 

Adapun Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pembangunan runway Bandara IKN telah mencapai panjang 1.025 x 30 meter.

Baca Juga: Diduga Ugal-Ugalan, Mobil Tahanan Terguling

“Hari ini walaupun dengan kondisi gerimis, kita bisa capai 1.025 meter yang targetnya nanti awal September menjadi 2.200 meter sehingga bisa didarati pesawat jet B737,” kata Menteri Basuki. 

Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Lukman F. Laisa, beserta serta jajaran Kemenhub, Kementerian PUPR, dan pihak konstruksi lainnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x