Kompas TV nasional politik

Prabowo Berencana Hadiri Sidang Kabinet di IKN: Masa Enggak Ikut

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 23:10 WIB
prabowo-berencana-hadiri-sidang-kabinet-di-ikn-masa-enggak-ikut
Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat menghadiri acara penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu, 24 April 2024. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku bakal mengikuti sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan langsung oleh Prabowo yang juga merupakan Presiden terpilih RI, di Kompleks Istana Kepreseidenan, Jakarta, Jumat (2/8/2024).

"Ikut (sidang kabinet) dong, masa enggak ikut," kata dia, dikutip Kompas.com.

Mengenai tujuan kehadirannya di Istana pada hari ini, Prabowo mengaku melaporkan hasil lawatannya ke luar negeri kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Bertemu Putin, Prabowo Setuju Rusia Buka Penerbangan Langsung dan Konjen di Bali

Dalam lawatannya tersebut, Prabowo bertemu sejumlah kepala negara, di antaranya Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Saya baru tiba kemarin sore, jadi hari ini saya minta waktu laporan kepada Presiden kunjungan saya kemarin, (yaitu menghadiri) pembukaan olimpiade bertemu empat mata dengan Presiden Macron, dan beberapa negara lainnya," jelasnya.

Pemerintah berencana mengelar sidang kabinet perdana di IKN pada 12 Agustus 2024.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jokowi akan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024.

"(Sidang kabinet) Tanggal 12. Tanggal 11 beliau ke sana nanti tanggal 12 direncanakan untuk sidang kabinet di sana," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2024).

Sebelumnya, Prabowo mengaku kerap diikutsertakan Presiden Jokowi di hampir setiap rapat kabinet. Bahkan, presiden terpilih itu kini duduk di samping Jokowi, berbeda dengan para menteri lainnya.

Baca Juga: Depan Vladimir Putin, Menhan Prabowo Kenang Jasa Rusia untuk Indonesia

Ia merasa perlakuan Jokowi tersebut untuk mempersiapkannya sebagai presiden di pemerintahan berikutnya.

"Beliau sekarang hampir semua rapat kabinet saya diikutsertakan, dan duduknya sebelah Presiden sekarang. Mohon maaf, Menko. Jadi ini yang saya rasakan, saya sedang disiapkan," kata Prabowo, Kamis, 18 Juli 2024.


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x