Kompas TV nasional peristiwa

Menteri Basuki Minta Maaf Bandara IKN Belum Bisa Digunakan untuk Peringatan HUT RI ke-79

Kompas.tv - 1 Agustus 2024, 20:24 WIB
menteri-basuki-minta-maaf-bandara-ikn-belum-bisa-digunakan-untuk-peringatan-hut-ri-ke-79
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berswafoto di rumah dinasnya di IKN, Kalimantan Timur. (Sumber: Antara/Muzdaffar Fauzan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta maaf lantaran bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) belum siap digunakan untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di IKN. 

Basuki menjelaskan bahwa runway atau landasan pacu bandara IKN masih memerlukan tambahan 300 meter untuk mencapai panjang yang ditargetkan, yaitu 2.200 meter. 

"Tamu-tamu dari Jakarta, mohon maaf karena bandara kita di IKN masih kurang 300 meter lagi untuk (runway) 2.200 (meter)," ujar Basuki di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kamis (1/8/2024). 

Baca Juga: Pembangunan Tertunda, Bandara VVIP IKN Belum Bisa Beroperasi pada 17 Agustus Mendatang

"Target kami waktu itu 2.200 meter (selesai) sampai dengan 17 Agustus. Tapi karena kondisi hujan, waktu yang lalu, sekarang ini 24 jam kami kawal dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC) sehingga alhamdulillah kami dua minggu di sana juga enggak hujan," imbuhnya.

Basuki juga menambahkan bahwa hingga tanggal 14 Agustus, runway yang seharusnya mencapai 2.200 meter mungkin masih akan kurang sekitar 300 meter.

"Namun demikian, sampai dengan tanggal 14 (Agustus) nanti kira-kira yang tadinya harus 2.200 (meter) mungkin masih kurang 300 (meter). Jadi masih belum bisa didarati pesawat. Tapi dengan heli (helikopter) sudah bisa," kata dia dikutip dari Kompas.com.

Setelah pembangunan runway selesai, Basuki memastikan bandara ini akan berfungsi secara komersial. Diketahui, bandara IKN ini direncanakan menjadi bandara internasional.

Baca Juga: Kereta Tanpa Rel di IKN Beroperasi per 5 Agustus, Tiket Digratiskan Hingga Desember 2024!


 

 




Sumber : Kompas TV, Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x