Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Ini Wilayah yang Berpotensi Hujan Hari Ini Senin 29 Juli 2024

Kompas.tv - 29 Juli 2024, 05:00 WIB
bmkg-ini-wilayah-yang-berpotensi-hujan-hari-ini-senin-29-juli-2024
Ilustrasi hujan. Peringatan dini BMKG. (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk Senin (29/7/2024). Meskipun Indonesia masih berada dalam periode musim kemarau, beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas yang bervariasi.

Berdasarkan informasi dari web-meteo.bmkg.go.id, periode 23-29 Juli 2024 masih termasuk dalam musim kemarau, namun potensi hujan tetap ada di beberapa daerah.

BMKG mencatat bahwa wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatra bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Sulawesi bagian selatan, telah memasuki puncak musim kemarau.

Meski demikian, dalam sepekan ke depan, terdapat peningkatan potensi hujan pada sore hari di beberapa wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Lahan Perkebunan Sawit di Jambi Terbakar, BMKG Temukan 698 Titik Api, Masyarakat Diimbau Hati-Hati

Hal ini dipengaruhi oleh pelemahan monsun Australia yang menyebabkan pergeseran massa udara kering dari selatan Indonesia hingga ke selatan Pulau Jawa.

Faktor pemanasan skala lokal juga memberikan pengaruh signifikan dalam proses pengangkatan massa udara dari permukaan bumi ke atmosfer.

BMKG merinci potensi hujan untuk Senin, 29 Juli 2024, sebagai berikut:

  1. Hujan Intensitas Ringan: Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Papua Barat.
  2. Hujan Intensitas Sedang: Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.
  3. Hujan Intensitas Lebat: Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.
  4. Hujan Intensitas Sangat Lebat: Sumatera Utara.
  5. Hujan Intensitas Ekstrem: Tidak ada.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, meskipun secara umum Indonesia masih berada dalam musim kemarau.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Sejumlah Wilayah Masih Hujan hingga Awal Agustus 2024 Saat Musim Kemarau

Peningkatan potensi hujan di beberapa daerah dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan kondisi lingkungan.

Masyarakat diimbau untuk selalu memantau informasi cuaca terkini dari BMKG dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Terutama bagi wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat, perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya banjir, longsor, atau genangan air.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x