Kompas TV nasional peristiwa

Mutasi Jabatan Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Jadi Pati Itwasum

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 18:10 WIB
mutasi-jabatan-polri-kapolda-jateng-irjen-ahmad-luthfi-jadi-pati-itwasum
Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi. (Sumber: Dok. Polda Jawa Tengah via Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali memutasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Salah satu nama yang dimutasi adalah Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah (Jateng).

Mutasi ini teregister dalam surat telegram rahasia (TR) Kapolri bernomor ST/1554/VII/KEP/2024, yang ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia (AsSDM) Polri Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri. 

Dalam surat tersebut, Irjen Ahmad Luthfi dirotasi menjadi Perwira Tinggi (Pati) Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri dengan penugasan di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Mutasi dilingkup Polri dalam rangka promosi, masa purna, tour of area, dan Kapolda. Tentunya mutasi personel Polri dalam rangka memberikan peningkatan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Sabtu (27/7/2024), dikutip dari Tribunnews.com.

Sebagai informasi, Luthfi telah menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah sejak tahun 2020. 

Pengganti Luthfi sebagai Kapolda Jawa Tengah adalah Brigjen Ribut Hari Wibowo, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir (Karo Binkar) SSDM Polri.

Baca Juga: PAN Buka Peluang Kaesang Dampingi Ahmad Luthfi di Pilkada Jawa Tengah

Luthfi disebut-sebut akan maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. Dia mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Partai Golkar, serta PAN.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, Luthfi ditunjuk langsung oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. 

"Pak Prabowo putuskan Irjen Polisi Ahmad Luthfi jadi calon gubernur provinsi Jawa Tengah," ujar Muzani, dikutip dari tayangan YouTube KompasTV Jawa Timur, Rabu (24/7/2024).

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah Panggah Susanto mengonfirmasi Luthfi berkeinginan bergabung dengan partainya setelah pensiun dari Polri. 

"Ya memang begitu rencananya Pak Luthfi juga (ingin gabung ke Golkar)," kata Panggah saat dihubungi, Selasa (23/7/2024). 

Sementara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan partainya sudah mendukung secara informal pencalonan Luthfi dalam Pilkada Jateng 2024.

"Jateng kan sudah saya Pak Luthfi, ya saya sudah dukung Pak Luthfi nanti. Pak Luthfi itu sekarang Kapolda," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin, 3 Mei 2024. 

Baca Juga: Tak Lirik Kaesang, PAN Konsisten Usung Ahmad Luthfi di Jawa Tengah


 




Sumber : Kompas TV, Tribunnews.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x