Kompas TV nasional politik

Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Sedang Uji Coba Makan Siang Bergizi, Termasuk Soal Harga

Kompas.tv - 19 Juli 2024, 21:04 WIB
tim-gugus-tugas-sinkronisasi-prabowo-gibran-sedang-uji-coba-makan-siang-bergizi-termasuk-soal-harga
Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo Gibran Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi (kiri), dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas SInkronisasi Prabowo-Gibran, Jumat (19/7/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Pakar Prabowo-Gibran sedang melakukan uji coba sekaligus pilot project program unggulan mereka, yakni Makan Siang Bergizi Gratis.

Penjelasan itu disampaikan oleh Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo Gibran Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi, dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas SInkronisasi Prabowo-Gibran, Jumat (19/7/2024).

“Nah, saat ini tim pakar sedang melakukan pilot project. Uji coba sekaligus pilot project. Ini evidence base research ya, jadi riset yang sekaligus kita kerjakan,” jelasnya.

Nantinya, dari kegiatan itu akan diketahui apa saja yang kelak harus dilakukan, diperbaiki, maupun diantisipasi terkait program itu.

Baca Juga: Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Klarifikasi Isu Rp7500 per Porsi Makan Bergizi Gratis

“Termasuk nantinya kesimpulan di akhirnya, berapa harganya. Tapi ini masih berjalan.”

“Jadi kalau proses risetnya masih berjalan, proses uji cobanya masih berjalan, pasti belum ada kesimpulan, termasuk kesimpulan soal harga,” tegasnya.

Semua formula yang akan dihasilkan di akhir pilot project tersebut, lanjut dia, harus memiliki dua hal yang telah dipesankan oleh Prabowo sebagai presiden terpilih, yakni ketercukupan gizi dan optimalisasi penerima manfaat.

Tapi,lanjut dia, saat proses ini sedang berjalan, termasuk mencari bentuk, formula, dan segala macamnya untuk menemukan produk terbaik, justru beredar isu yang sifatnya spekulasi.

“Tapi Ketika dalam proses yang sedang berjalan ini justru muncul isu-isu seperti harga Rp7.500, itu kan menurut kita itu spekulasi dari mungkin ada ide atau masukan berbagai orang  yang mungkin menurut dia akan menjadi pegangan dari pilot project, padahal tidak ada sama sekali seperti itu.”

“Tim sampai hari ini belum punya Kesimpulan selain jumlah anggaran sebesar Rp71 triliun tadi,” tegasnya.

Ia pun berharap agar ke depannya tidak lagi berkembang spekulasi, terutama mengenai berbagai program unggulan Prabowo-Gibran.

“Kita berharap yang menjadi pegangan adalah apa yang keluar dari tim resmi, apakah itu tim pakar atau tim sinkronisasi.”

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebut belum ada Keputusan final mengenai harga untuk Program Makan Siang Bergizi Gratis.

Menurut Hasan, isu yang berkembang mengenai harga makan bergizi gratis sebesar Rp7.500 tersebut jauh dari kebenaran.

Baca Juga: Jawab Singkat Sri Mulyani Usai Rapat soal Makan Siang Bergizi Gratis di Istana

“Kali ini kita ingin menyampaikan beberapa hal terkait dengan isu yang berkembang dan menurut saya sudah mulai jauh dari kebenaran, tentang makan bergizi gratis itu dipatok harganya Rp7.500, tiba-tiba sudah ada angka,” jelasnya, dikutip dari Youtube Kompas TV.

“Sampai hari ini satu-satunya yang sudah bisa kita ambil kesimpulan itu baru alokasi anggaran untuk makan bergizi gratis tahun 2025, yang sudah bisa jadi kesimpulan baru itu. Besarannya adalah Rp71 triliun untuk tahun 2025.”


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x