Kompas TV nasional peristiwa

Bertemu PM Papua Nugini James Marape, Jokowi Sepakat Kerja Sama Pertahanan hingga Pendidikan

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 12:10 WIB
bertemu-pm-papua-nugini-james-marape-jokowi-sepakat-kerja-sama-pertahanan-hingga-pendidikan
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan resmi kenegaraan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (15/7/2024). (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi sepakat melakukan kerjasama sejumlah bidang dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape.

Antara lain, kerja sama pertahanan, perhubungan, perdagangan, kesehatan hingga pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai menggelar pertemuan dengan Presiden James Marape di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Senin (15/7/2024).

“Dalam pertemuan tadi kami membahas beberapa hal yang pertama terkait kerjasama bilateral, berlakunya perjanjian kerjasama pertahanan sangat penting untuk memperkuat keamanan kedua negara Indonesia,” kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Papua Nugini James Marape

“Indonesia juga menyambut baik pelaksanaan join bisnis forum yang kedua dan penandatanganan 2 MoU lintas batas darat untuk angkutan penumpang dan barang yang penting untuk meningkatkan ekonomi dan mempererat hubungan antara warga di perbatasan.”

Di samping itu, Jokowi juga menyampaikan pentingnya kelanjutan pembahasan referensial trade agreement untuk meningkatkan perdagangan dua negara. termasuk, pembaharuan perjanjian kerjasama kesehatan, dan penandatanganan kerja sama pendidikan untuk mempererat kolaborasi dua negara.

“Terkait pembangunan jaringan listrik oleh PLN di perbatasan Skouw Wutung dapat saya sampaikan bahwa kerjasama ini dimulai hari ini dan listrik sudah menyala di Wutung pada hari ini,” ujar Jokowi. Dipantau dari Breaking News KompasTV.

“Selain itu Indonesia juga telah berkomitmen untuk mendukung pembangunan PNG dan Negara Pasifik dimana berbagai program hibah telah dilakukan dan masih terus berjalan seperti renovasi rumah sakit di Port Moresby, Pembangunan fasilitas publik.”

Baca Juga: OPM Bakar SMPN Okbab, Kapendam: Organisasi Papua Merdeka Ingin Anak-anak Tidak Sekolah

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi juga mengaku senang dengan kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Papua Nugini James Marap eke Indonesia.

Bagi Presiden Jokowi, kehadiran James Marape dan delegasi menunjukkan semakin kuatnya persaudaraan antara Indonesia dengan Papua Nugini.

“Saya senang PM Marape dapat kembali berkunjung ke Indonesia dan kunjungan ini menunjukkan semakin eratnya persaudaraan antara Indonesia dan PNG (Papua Nugini),” kata Presiden Jokowi.

Jokowi lebih lanjut menutur, sebelum kunjungan James Marape, Indonesia telah memberikan bantuan bagi masyarakat Papua Nugini yang tertimpa tanah longsor.

“Sebelumnya Indonesia juga telah menyampaikan bantuan untuk saudara-saudara kita di PNG yang tertimpa musibah tanah longsor. Semoga dapat meringankan beban warga yang terdampak,” ucap Jokowi.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x