Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Kata Bambang Pacul soal Sosok yang Diusung PDIP di Pilkada Jawa Tengah

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 19:25 WIB
ini-kata-bambang-pacul-soal-sosok-yang-diusung-pdip-di-pilkada-jawa-tengah
Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto mengatakan sosok yang akan diusung oleh partainya di Pilkada Jawa Tengah 2024 akan diumumkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Bambang menyebut PDIP hingga saat ini masih melakukan penggodokan sosok yang akan didukung untuk berlaga di pesta demokrasi nanti. 

"Saya ini petugas yang kemudian membawa semua hasil evaluasi kita di dalam persiapan menuju calon untuk diputuskan di pimpinan pusat. Kalau untuk Jawa Tengah pasti ketua umum lah (yang umumkan),” kata pria yang karib disapa Bambang Pacul itu di gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga: Puan Sebut Bambang Pacul dan Kapolda Jateng Masuk Radar PDIP untuk Pilkada Jawa Tengah

"Masih berada dalam proses penggodokan. Hasil survei terbaru juga baru keluar nanti tanggal 28 sesok (besok),” sambungnya. 

Terkait kemungkinan PDIP mendukung Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, ia mengatakan partainya bisa mengajukan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur tanpa berkoalisi.

Sebab, PDIP memperoleh sebanyak 33 kursi DPRD Jawa Tengah alias sudah melampaui ambang batas 20 persen.

“PDIP di Jawa Tengah punya 33 kursi iya toh, jadi bisa mengusung sendiri, jadi kira-kira saya tidak tahu bisa mengusung sendiri itu mengusung siapa kan kita enggak ngerti, intinya begitu,” kata Bambang Pacul.

Meski begitu, ia menyebut bisa saja partainya mengusung sosok selain kader PDIP. 

“Saya tidak mengatakan kecil (kemungkinan mengusung di luar kader), nanti saya mendahului (kewenangan Megawati)," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut pihaknya masih mengkaji sejumlah nama yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Adapun nama yang masuk radar partai berlambang kepala banteng moncong putih itu antara lain Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.  

"Masih juga kami lihat dulu wilayahnya. Bisa (Bambang Pacul)," kata Puan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/6/2024).  

Baca Juga: Partai Golkar Prioritaskan Irjen Ahmad Luthfi untuk Pilkada Jawa Tengah 2024

Ketika ditanya apakah PDIP juga mempertimbangkan nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Puan kembali menjawab mungkin.

"Mungkin (Ahmad Luthfi)," katanya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x