Kompas TV nasional rumah pemilu

Rekam Jejak Sohibul Iman, Bakal Cagub dari PKS buat Lawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 22:43 WIB
rekam-jejak-sohibul-iman-bakal-cagub-dari-pks-buat-lawan-anies-baswedan-di-pilkada-jakarta
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman. (Sumber: Dokumen Humas DPP PKS)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS memastikan usung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman, untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri menjelaskan sebagai pemenang Pileg Jakarta 2024, pihaknya memutuskan mengusung kader terbaik dalam Pilgub Jakarta.

Hal tersebut yang membuat PKS memutuskan mengusung Sohibul Iman. Mabruri menjelaskan rekam jejak Sohibul Iman di dunia politik tidak perlu diragunkan lagi. Ia adalah figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. 

Sohibul pernah memimpin PKS periode 2015-2020. Di bawah kepemimpinannya, sambung Mabruri, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan di Pemilu 2019.

Hasil Pileg 2014, PKS memeroleh suara 8,46 juta suara atau 6,77 persen, di Pileg 2019 meningkat menjadi 11,49 juta suara atau 8,21 persen, atau meningkat dari 40 kursi menjadi 50 kursi.

Baca Juga: Analisis Pengamat Politik Soal PKS Usung Sohibul Iman, Jadi Kawan atau Lawan Anies?

"Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik," ujar Mamburi dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/6/2024).  

Mamburi menambahkan Sohibul Iman salah satu kader PKS yang terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029. Sohibul juga sempat memimpin DPR RI sebagai Wakil Ketua DPR. 

Selain itu, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim sebelum terjun di dunia politik.

Mabruri menyebut, Sohibul Iman jiga lama berkecimpung dalam bidang teknologi di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI. 

Eks Presiden PKS itu pernah memimpin Universitas Paramadina sebagai Rektor, dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

Baca Juga: Kata PDIP dan PKB soal Peluang Ahok dan Anies Kembali Maju di Pilkada Jakarta

Latar belakang serta rekam jejak kepemimpinan tersebut yang menjadikan PKS secara resmi mengusung Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta 2024. 

"Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan," ujar Mabruri.

Adapun bakal calon gubernur Jakarta yang sudah siap maju di Pilkada yakin Anies Baswedan. Anies mendapat dukungan dari PKB untuk diusung sebagai Cagub Jakarta. 

Kandidat lain yang akan maju di Pilkada Jakarta yakni mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kader Partai Golkar itu mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan PAN untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x