Kompas TV nasional peristiwa

Menhub Budi Sidak di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, Temukan Bus dengan KIR Kadaluwarsa

Kompas.tv - 9 Juni 2024, 15:03 WIB
menhub-budi-sidak-di-taman-margasatwa-ragunan-jakarta-temukan-bus-dengan-kir-kadaluwarsa
Rapat koordinasi membahas peningkatan keselamatan bus umum dan bus pariwisata berlangsung di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (15/5/2024). Rapat ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhanan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Ketua Umum Organda Adrianto Djokosoetono, dan pemerhati kebijakan publik Agus Pambagyo. (Sumber: Dok. Kemenhub via Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beserta jajaran melakukan inspeksi mendadak (sidak) bus pariwisata di kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (9/6/2024).

Menhub Budi menemukan sejumlah bus pariwisata yang melanggar ketentuan.

Budi mengaku menemukan bus pariwisata dengan KIR yang telah kadaluwarsa. Sejumlah bus bahkan tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Baca Juga: Nenek, Anak, dan Cucu Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas di Blitar

"Kami bersama Korlantas sengaja datang ke tempat ini karena terkenal menjadi destinasi wisata," kata Budi Karya Sumadi, Minggu (9/6).

"Kami melakukan (pemeriksaan) random terhadap enam bis, namun ada empat bis yang tidak melengkapi kir, bahkan ada yang STNK-nya habis," katanya.

Menhub pun meminta Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso untuk menindak bus yang secara ketentuan tidak laik jalan.

Selain itu, Menhub Budi mengimbau masyarakat memastikan bus yang akan digunakan laik jalan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

"Pesannya apa? Masih banyak angkutan bis pariwisata yang melanggar ketentuan-ketentuan. Mestinya yang empat tadi tidak boleh jalan," katanya.

Baca Juga: Diduga Sopir Mengantuk, 3 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Klaten



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x