Kompas TV nasional politik

Kata Luhut soal Pengganti Bambang Susantono: Pak Basuki Jadi Plt Kepala Otorita IKN Sudah Bagus

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 15:14 WIB
kata-luhut-soal-pengganti-bambang-susantono-pak-basuki-jadi-plt-kepala-otorita-ikn-sudah-bagus
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat meninjau IKN, di Kalimantan Timur, Rabu (17/5/2023). Luhut merespons mundurnya Bambang Susanton sebagai Kepala Otorita IKN, Senin (3/6/2024). (Sumber: Dok. Tim Komunikasi IKN via Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pihaknya belum berencana untuk mencari pengganti Bambang Susantono yang mundur dari jabatan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN). 

Menurut dia, penunjukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN adalah keputusan yang tepat. 

Ia meyakini Basuki bisa memenuhi target pembangunan IKN yang telah direncanakan. 

Baca Juga: Jokowi soal Bambang Susantono Mundur dari Otorita IKN: Alasannya Pribadi

"Nggak ada (penurunan target pembangunan IKN, sekarang yang apa yang dilakukan dengan pak Basuki menjadi Plt kan sudah bagus," kata Luhut di gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Luhut juga memastikan tidak ada masalah serius di IKN hingga saat ini.

"Kan masalahnya di situ sudah kita mampu identifikasi semua kok. Nggak ada masalah yang terlalu serius," kata Luhut.

Ia menambahkan, hingga saat ini, Basuki masih menjadi Plt Kepala Otorita IKN sambil pihaknya mencari yang definitif.

"Ya, Plt saja sambil nanti cari," kata Luhut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terus berlanjut sesuai visi bersama yang telah ditetapkan.


Hal ini disampaikan Jokowi di akun Instagram resminya menanggapi pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari posisi masing-masing sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, Senin (3/6/2024).

Baca Juga: Puan Minta Pemerintah Transparan Jelaskan Mundurnya Bambang Susantono dari Kepala Otorita IKN

"Hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala OIKN seiring pengunduran diri yang telah saya terima," tulis Jokowi di akun @jokowi, Senin (3/6).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x