Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB Sebut Gus Yusuf Layak Jadi Bakal Cagub di Pilkada Jawa Tengah: Basisnya Kuat

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 08:21 WIB
pkb-sebut-gus-yusuf-layak-jadi-bakal-cagub-di-pilkada-jawa-tengah-basisnya-kuat
Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar bersama Ketua DPW PKB Jawa Tengah Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf (kiri). (Sumber: Kompas.com/Titis Anis Fauziyah)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Desk Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Halim Iskandar mengatakan pihaknya akan mengupayakan Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf untuk maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. 

Ia menjelaskan, alasan PKB mendorong Gus Yusuf lantaran dia memiliki basis massa yang besar di Jateng. 

"Terkait Jawa Tengah, tentu kita punya kader yang sangat potensial, Gus Yusuf sebagai ketua DPW PKB Jawa Tengah, basisnya kuat banget. Ya tentu sebagai sebuah partai politik yang memiliki akses yang cukup kuat di masyarakat, ya tentu kita ingin agar Gus Yusuf bisa ramai di Pilgub Jawa Tengah dengan posisi gubernur, ini obsesi dan cita-cita utama kita," kata pria yang karib disapa Gus Halim itu di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024). 

Baca Juga: Kaesang Tertarik Ikut Pilkada Jakarta, PKB: Kami Tidak Boleh Menolak, Silakan Daftar ke Sini

Dia mengatakan PKB membuka diri untuk kader partai lain jika ingin menjadi bakal calon wakil gubernur (cawagub) Jateng untuk mendampingi Gus Yusuf. 

"Dengan siapa saja, punya peluang dengan siapa saja. Namanya juga pembicaraan di politik masih sangat dinamis. Dan ukuran nanti selesai atau tidak, ya, itu kan bukan di ranah dialog. Urusan selesai tidak itu kan di ranah berangkat ke KPU. Nah itu kan, berangkat ke KPU," kata dia.

Ia mengakui PKB tidak bisa mengusung sendiri pasangan kepala daerah di Jateng. Sebab partainya hanya mempunyai 20 kursi di DPRD Jateng. Oleh sebab itu, PKB harus berkoalisi dengan partai lain.

Baca Juga: Ketua Tanfidziyah NU Klaten Doakan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah yang Bakal Maju Pilkada Jateng

"Pasti lah kita cari partai koalisi di Jawa Tengah. Kita cari 4 kursi sudah bisa berangkat untuk mengusung sebagai calon gubernur. Dan itu bukan hal yang sulit karena memang dinamika Jawa Tengah semakin gesit," katanya.

Sebelumnya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar meyakini elektabilitas Gus Yusuf cukup bagus untuk menjadi bakal cagub Jateng.

"Sampai hari ini, kita masih meyakini bahwa cagub yang elektabilitasnya bagus ya Gus Yusuf," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2024, dikutip Tribunnews.com.

Menurut dia, PKB akan mengupayakan mengusung kader internalnya tersebut di Pilkada Jateng 2024.

"Kalau bisa sih itu gubernurnya Gus Yusuf," kata Cak Imin.

Adapun Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x