Kompas TV nasional peristiwa

Plt Wakil Kepala Otorita IKN Ungkap Ada Keraguan Investor Berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 14:00 WIB
plt-wakil-kepala-otorita-ikn-ungkap-ada-keraguan-investor-berinvestasi-di-ibu-kota-nusantara
Raja Juli Antoni usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Rabu (15/6/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus pelaksana tugas Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Raja Juli Antoni mengaku ada keraguan dari investor soal status tanah di IKN.

Hal tersebut disampaikan oleh Raja Juli Antoni di Kantor Presiden, Senin (3/6/2024).

“Ya ada keraguan lah, ada aturan-aturan yang harus di..,” ucap Raja tanpa menyelesaikan pernyataannya.

Lantas dikonfirmasi, apakah keraguan itu terkait dengan status tanah untuk bisa dimiliki atau tidak dimiliki. Raja tidak menjawab pasti dan hanya memperkirakan.

“Ya kira kira gitu,” ujar Raja.

Lebih lanjut, Raja dikonfirmasi soal bunyi dalam undang-undang yang menyebutkan bahwa status tanah hanya diperbolehkan untuk hak guna pakai.

Perihal tersebut, Raja pun mengaku akan melakukan pengecekan supaya lebih jelas.

Baca Juga: Alasan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe Mundur dari Otorita IKN, Mensesneg: Enggak Disebutkan

“Nanti kita cek supaya lebih clear ya, ini masih dapat arahan masih saya sistemasi dulu,” kata Raja.

Namun Raja memastikan soal status tanah arahan dari Presiden Joko Widodo adalah orientasinya harus untuk rakyat Indonesia.

“Terutama terkait badan tanah, tadi arahannya, pokoknya, orientasi untuk rakyat pokoknya, jadi tidak merugikan,” kata Raja.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Pelaksana tugas Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono mengaku akan memutuskan status tanah di IKN dijual atau disewakan.

Hal tersebut disampaikan Basuki sebagai langkah untuk mempercepat pelaksanaan program pembangunan di IKN.

“Karena kita yakin bahwa otorita sedang membuat program-program dalam pembangunan IKN ini. Kami berdua ditugasin untuk mempercepat pelaksanaan program tersebut yang sesuai dengan urban desain, sesuai dengan hasil sayembara yang lalu urban desain untuk pengembangan pembangunan IKN ini dengan konsep negara nusa rimba yang pertama itu,” kata Basuki.

Baca Juga: Plt Otorita IKN Basuki Hadimuljono: Kami Akan Segera Putuskan Tanah di Sana Dijual atau Disewakan

“Jadi, fokusnya pelaksanaan program ini permasalahannya adalah di tanah dan investasi. Jadi kenapa beliau dipilih sebagai wakil kepala IKN, karena ini menyangkut status tanah. Jadi kami berdua akan segera memutuskan status tanah di IKN ini, apakah dijual, disewa ataukah KPPU? Kami ingin mempercepat itu. Sehingga para investor tidak ragu-ragu lagi untuk melakukan investasinya.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x