Kompas TV nasional peristiwa

Gen Y, Z, dan Alpha Dominasi Demografi RI, Jokowi: Sosialisasikan Pancasila dengan Cara-cara Mereka

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 11:51 WIB
gen-y-z-dan-alpha-dominasi-demografi-ri-jokowi-sosialisasikan-pancasila-dengan-cara-cara-mereka
Presiden Jokowi saat menyampaikan amanatnya di upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar sosialisasi Pancasila disesuaikan dengan cara-cara yang mudah dipahami generasi Y atau millenial, generasi Z (Gen Z) dan generasi alpha.

Pasalnya, kata Kepala Negara, baik gen Y,  Z, maupun Alpha merupakan generasi yang mendominasi demografi Indonesia saat ini.

Demikian disampaikan Jokowi dalam amanatnya saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

"Kini Demografi Indonesia didominasi oleh generasi Y-milinial, generasi Z-gen z, dan generasi alpha. Oleh karena itu cara kita mensosialisasikan pancasila juga dengan cara-cara mereka, dengan praktek2 teladan yang nyata dan menggunakan serta mengembangkan budaya Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut Presiden pun mengajak seluruh rakyat Indonesia memegang teguh nilai-nilai Pancasila.

Di mana nilai-nilai Pancasila tersebut harus diaktualisasikan dan diwariskan dalam perilaku nyata dalam kebijakan-kebijakan nyata yang jelas hasilnya dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila, menunjukkannya dalam ucapan, perilaku dan kebiajakan yang berpihak nyata kepada seluruh rakyat Indonesia dan menjadikan Indonesia berwibawa di mata dunia," ujarnya.

Baca Juga: Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Jokowi Sebut Indonesia Konsisten Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Adapun dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga turut hadir sebagai peserta upacara.

Di antaranya, Menko polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Pada upacara tersebut yang bertugas sebagai Komandan Upacara yakni Komisaris Besar Polisi Andri Ananta Yudhistira.


Sementara itu, bertindak sebagai pembaca teks Pancasila yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo,  sebagai pembaca pembukaan UUD 1945 Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dan pembaca doa dipercaya Menko PMK Muhadjir Effendy.

Adapun Tema dari peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Baca Juga: Jokowi: Kita Harap Pancasila Jadi Pembebas dari Ketergantungan pada Pihak Asing



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x