Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Batal Hadiri Upacara Harlah Pancasila di Ende, Pembacaan Amanat Digantikan Hasto

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 11:30 WIB
megawati-batal-hadiri-upacara-harlah-pancasila-di-ende-pembacaan-amanat-digantikan-hasto
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat membacakan amanat di Upacara Harlah Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6/2024), (Sumber: Tribunnews/Fransiskus Adhiyuda.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri absen dalam Upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6/2024).

Pembacaan amanat dalam upacara tersebut yang semestinya dibacakan Megawati pun digantikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Dikutip dari Tribunnews, dalam kesempatan tersebut Hasto tampak mengenakan baju lengan panjang berwarna putih lengkap dengan peci di kepalanya.

Hasto menyampaikan permohonan maaf atas tidak ketidakhadiran Megawati dalam Upacara Hari Lahir Pancasila.

Menurut penjelasannya, Megawati saat ini tengah dalam keadaan kurang sehat.

Baca Juga: Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Jokowi Sebut Indonesia Konsisten Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

"Kami sampaikan permohonan maaf bahwa Ibu Megawati tidak bisa hadir di sini, beliau kurang sehat, mohon doanya," ujarnya.

Dalam amanat upacara yang dibacakan Hasto, Megawati bercerita tentang Ende dan kaitannya dengan sejarah Presiden Pertama RI sekaligus Proklamator Kemerdekaan, Soekarno atau Bung Karno yang melahirkan butir-butir Pancasila.


Ende juga merupakan tempat bersejarah bagi kehidupan bangsa negara di mana pada tahun 1934-1938, Soekarno sempat diasingkan di daerah ini oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Meski begitu, Hasto mengungkapkan, Ketua Umum PDI-P tersebut menitipkan salam kepada seluruh peserta upacara, khususnya para pemuda di Ende.

Baca Juga: 50 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2024, Cocok untuk Dibagikan di Media Sosial



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.



BERITA LAINNYA



Close Ads x