Kompas TV nasional humaniora

Para Biksu Thudong Tiba di Candi Borobudur untuk Sambut Waisak 2024

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 21:20 WIB
para-biksu-thudong-tiba-di-candi-borobudur-untuk-sambut-waisak-2024
Para Biksu Thudong telah tiba di Taman Wisata Candi Borobudur setelah menempuh perjalanan dari Semarang, Senin (20/5/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV - Para Biksu Thudong telah tiba di Taman Wisata Candi Borobudur setelah menempuh perjalanan dari Semarang, Senin (20/5/2024).

Perjalanan ini dilakukan dalam rangka menyambut perayaan Waisak 2024 yang akan dilangsungkan di Candi Borobudur, Kamis (23/5) nanti.

Jamaludin Mawardi, General Manager Unit Borobudur, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut kedatangan para biksu sebagai bentuk apresiasi atas perjalanan spiritual mereka. 

"Siang ini kita sambut bersama-sama Biksu Thudong memasuki Taman Wisata Candi Borobudur," katanya.

Awalnya, penyambutan para Biksu Thudong direncanakan berlangsung di Lapangan Kalpataru, namun karena cuaca panas, lokasi transit dipindahkan ke Manohara. Setelah itu, para biksu melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur untuk berdoa di tempat suci tersebut.

Baca Juga: Jelang Perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur, InJourney Siapkan Pelayanan Terbaik!

Ketua Biksu Thudong 2024, Kamsai Sumano Mahathera, menjelaskan bahwa perjalanan mereka dari Semarang ke Candi Borobudur menempuh jarak sekitar 60 kilometer. 

"Kami dari Thailand, Malaysia, Singapura, kemudian tambah Indonesia dan Korea," sambung Mahathera.

Selama perjalanan thudong ini, para biksu mengalami banyak hal baru. Mereka diundang untuk mampir di sekolah-sekolah, kantor kecamatan, dan menerima sambutan hangat dari masyarakat berbagai agama yang ikut serta dalam kegiatan tabur bunga di pagi hari.

"Mereka tahu thudong dan memberikan semangat. Kemarin kami mulai jalan jam 05.00 WIB, kami kaget ada masyarakat semua agama ikut tabur bunga sehingga mereka bangun sebelum jam 05.00 WIB," tutur dia.

Perjalanan thudong ini bukan hanya sebagai bentuk spiritualitas, tetapi juga sebagai momen untuk merayakan kebersamaan dan gotong-royong antarumat beragama dalam menyambut Hari Raya Waisak 2024.

Baca Juga: Ini Jadwal Perayaan Waisak di Borobudur, Ada Penyesuaian Jam Operasional Candi


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x