Kompas TV nasional rumah pemilu

Respons Hakim Arief Hidayat untuk KPU yang Telat Datang Sidang: kalau di Korea Utara Ditembak Mati

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 10:55 WIB
respons-hakim-arief-hidayat-untuk-kpu-yang-telat-datang-sidang-kalau-di-korea-utara-ditembak-mati
Hakim konstitusi Arief Hidayat dalam sidang PHPU, Jumat (5/4/2024). (Sumber: YouTube/Mahkamah Konstitusi RI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hakim Konstitusi Arief Hidayat meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tidak terlambat hadir dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum legislatif yang digelar di Mahkamah Konstitusi.

Hakim Arief pun bergurau, keterlambatan KPU dalam sidang bisa berujung ditembak mati jika terjadi di Korea Utara.

“Lain kali jangan terlambat ya. Ini kalau di Korea Utara, terlambat sedikit bisa ditembak mati,” kata Hakim Arief, Kamis (3/5/2024).

Kemudian, Hakim Arief pun mengingatkan kepada KPU untuk meminta izin terlebih dahulu kepada hakim jika ingin mengikuti sidang dengan situasi terlambat hadir.

Baca Juga: Hakim MK Arief Marah 2 Komisioner KPU Tak Hadir Sidang Sengketa Pileg: Ini KPU Kok Enggak Serius

“Jadi terlambat saja harus memperoleh izin dari hakim untuk hadir atau tidak. Silakan yang terlambat untuk hadir. Lain kali semua pihak harus datang tepat waktu,” ujar Hakim Arief.

Sebelumnya, Hakim Arief sempat marah dan menilai KPU tidak serius dalam menyikapi sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg di Mahkamah Konstitusi. Sebab, dua komisioner KPU, Yulianto Sudrajat dan Idham Holik yang dijadwalkan dalam sidang tidak bisa hadir.

“Loh nggak bisa! Ini penting di sini? Gimana ini responsnya? Ini KPU kok nggak serius gini, gimana sih? Tolong disampaikan, KPU harus serius gitu. Jadi sejak Pilpres kemarin KPU nggak serius itu menanggapi persoalan-persoalan ini, ya?” tegas Arief.

Baca Juga: Hakim MK Arief Hidayat Minta KPU Prioritaskan Hadiri Sidang Sengketa Pileg 2024

“Bentar, itu harus disampaikan itu kepada komisioner itu ya, komisionernya ada berapa? Mestinya harus hadir itu, kan sudah dibagi di Panel 1, Panel 2, dan panel 3, kan, kenapa belum hadir, gitu.”


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x