Kompas TV nasional humaniora

Mengenang Hari Introvert Sedunia Hari Ini, Kenali Tipe-tipenya

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 05:35 WIB
mengenang-hari-introvert-sedunia-hari-ini-kenali-tipe-tipenya
Ilustrasi. Orang introvert sering dianggap sebagai pribadi negatif karena sosoknya dianggap pemalu dan terlalu banyak mengalami kecemasan. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini 2 Januari diperingati Hari Introvert Sedunia. Adalah Felicitas Heyne, psikolog Jerman yang pertama mencetuskan ide ini sejak 2011 silam.

Dalam sebuah artikel, dia menulis, "Inilah Mengapa Kita Membutuhkan Hari Introvert Sedunia" di situs webnya pada tanggal 20 September 2011. 

Baca Juga: 5 Kelebihan Orang Introvert di Tempat Kerja, Termasuk Lebih Fokus

Ternyata banyak orang sering salah paham dengan para introvert. Mayoritas dari mereka sering diasosiasikan sebagai sosok pemalu, anti sosial, bahkan dianggap dingin oleh orang sekitarnya.

Padahal pengertian introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran atau perasaan, dan lebih menyukai suasana yang tenang.


Dikutip dari Gramedia.com, hal yang berbeda justru dirasakan para ekstrovert. Berbanding terbalik dengan introvert, para ekstrovert sangat bersemangat saat berinteraksi dengan banyak orang seperti datang ke pesta, atau acara-acara sejenis yang melibatkan orang banyak.

Tipe-Tipe Introvert

Sekilas, introvert terlihat sama. Namun tidak banyak yang tahu jika kepribadian satu ini juga terbagi menjadi beberapa tipe. Berikut tipe-tipe introvert yang perlu kamu ketahui:

1. Introvert sosial

Disebut introvert sosial bukan karena mereka tidak bisa bersosialisasi dengan baik, tetapi karena mereka lebih menyukai circle pertemanan yang kecil.

Introvert tipe ini hanya memiliki beberapa teman dekat yang sudah bersama mereka selama bertahun-tahun. Mereka sangat dekat dengan teman-temannya, bahkan sudah menganggapnya sebagai saudara sendiri.

2. Introvert pemikir

Introvert jenis satu ini adalah seorang pemikir ulung dan suka berimajinasi. Mayoritas introvert pemikir adalah orang yang cerdas, serius, dan sangat berhati-hati dalam melakukan apapun.

Dan karena mereka suka berimajinasi, introvert satu ini biasanya dihuni oleh orang-orang yang memiliki kreativitas yang tidak terbatas. Mereka mampu melakukan hal-hal yang dianggap mustahil, dan membuat siapa pun merasa kagum dengan pencapaiannya.

Baca Juga: Urutan Peringkat 12 Zodiak dari yang Paling Introvert ke Ekstrovert

3. Introvert yang mudah cemas

Di antara tipe introvert lainnya, introvert satu ini adalah yang paling pemalu. Mereka tidak selalu menyukai suasana ramai, dan lebih senang menghabiskan waktu di rumah bersama orang-orang yang membuatnya merasa nyaman.

Bukannya anti sosial atau apa, introvert satu ini tidak suka berada di antara banyak orang karena mereka merasa canggung, dan tidak tahu harus melakukan apa. Mereka tidak pintar basa-basi ataupun mencari topik pembicaraan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x