Kompas TV nasional hukum

Firli Bahuri Absen Pemeriksaan di Polda Metro Jaya: kalau Dibilang Mangkir, Nggak Pernah Mangkir sih

Kompas.tv - 14 November 2023, 13:24 WIB
firli-bahuri-absen-pemeriksaan-di-polda-metro-jaya-kalau-dibilang-mangkir-nggak-pernah-mangkir-sih
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (14/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah disebut mangkir dari sejumlah panggilan pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Hal ini disampaikan Firli Bahuri saat menggelar konferensi pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) Pj Bupati Sorong di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (14/11/2023).

“Kalau dibilang mangkir, nggak pernah mangkir, sih,” kata Firli Bahuri.

Baca Juga: Firli Bahuri Kembali Mangkir dari Panggilan Polda Metro Jaya Terkait Dugaan Pemerasan SYL

Ia menjelaskan bahwa pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait perubahan jadwal pemeriksaannya.

“Ketidakhadiran kita beri surat ke Biro Hukum, pendamping KPK, Korsup datang ke Polda Metro. Jadi tidak pernah itu mangkir,” jelas Firli.


Firli juga menyebut bahwa ia telah mengonfirmasi tidak akan hadir dalam pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada hari ini. Ia menegaskan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan penyidik Polda Metro Jaya.

“Saya akan datang dalam waktu dekat, tapi bukan hari ini,” katanya.

Pun soal ketidakhadirannya dalam pemeriksaan tanggal 7 November 2023, Firli mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan memberitahukan bahwa ia memiliki agenda di Aceh.

Sebagai informasi, Firli Bahuri tercatat tidak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap SYL sebanyak tiga kali, yakni pada 20 Oktober, 7 November, dan 14 November 2023.

Pada 20 Oktober, Firli dipanggil untuk melakukan pemeriksaan perdana sebagai saksi, tapi tak hadir.

Baca Juga: Dewas KPK Tak Bisa Periksa Firli Bahuri Hari ini, Jadwalkan Ulang Pekan Depan

Penyidik Polda Metro Jaya pun menjadwalkan ulang pemeriksaan pada 24 Oktober. Firli memenuhi panggilan tersebut dan memberikan sejumlah keterangan.

Untuk pemeriksaan lanjutan, Polda Metro Jaya kembali memanggil Firli untuk diperiksa pada 7 November. Pimpinan KPK itu tak hadir karena mengikuti acara Road Show Bus Antikorupsi KPK di Aceh.

Pemeriksaan kemudian dijadwalkan untuk hari ini, dan Firli mengonfirmasi tak hadir.

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x