Kompas TV nasional rumah pemilu

Kata Gibran Usai Diumumkan Jadi Bacawapres Prabowo: Saya akan Ikuti Mekanisme yang Ada

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 10:04 WIB
kata-gibran-usai-diumumkan-jadi-bacawapres-prabowo-saya-akan-ikuti-mekanisme-yang-ada
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat di Balai Kota Solo, Kamis (29/6/2023). Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait dirinya yang telah diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) pendamping Prabowo Subianto. (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait dirinya yang telah diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini menyebut akan mengikuti mekanisme yang ada usai dirinya menjadi pasangan Prabowo di Pilpres 2024 mendatang

"Saya akan mengikuti mekanisme yang ada," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (23/10/2023).

Lebih lanjut, ia pun menyebut telah bertemu dan melakukan komunikasi dengan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani sebelum dirinya diumumkan sebagai bacawapres Prabowo.

"Saya sudah berkomunikasi dengan mbak Puan pada Jumat malam," ujarnya.

Menurut penjelasan Gibran, pertemuan tersebut tidak hanya dilakukan dengan Puan tetapi juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Arsjad Rasjid.

Kendati demikian ia enggan membeberkan pembahasan antara dirinya, Puan dan Arsjad tersebut.

Di sisi lain, ia memastikan akan menyelesaikan pekerjaan sebagai Wali Kota Surakarta, termasuk pembangunan di Kota Solo.

"Insya Allah lanjut, aku tak ngawal terus," kata Gibran dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tanggapan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin soal Gibran Jadi Bacawapres Prabowo

Seperti diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Prabowo telah mengumumkan bacawapres yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024 pada, Minggu (22/10) malam.

Pengumuman itu dilakukan setelah ketua umum dan sekretaris jenderal dari partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengadakan pertemuan.

KIM terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik, dan Partai Prima.


“Kita telah berembuk secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” ucap Prabowo.

Prabowo dan Gibran berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023) mendatang.

Baca Juga: Airlangga dan Megawati Disebut Sudah Komunikasi soal Gibran Jadi Bacawapres Prabowo Subianto




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x