Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Tak Masalah jika PPP Ingin Hengkang karena Paksa Sandiaga Jadi Bakal Cawapres Ganjar

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 14:23 WIB
pdip-tak-masalah-jika-ppp-ingin-hengkang-karena-paksa-sandiaga-jadi-bakal-cawapres-ganjar
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (Sumber: KOMPAS.com/JESSI CARINA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP PDIP tak mempermasalahkan bila PPP ingin hengkang dari koalisi mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024. 

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan partai politik (parpol) berlambang Kabah itu tak bisa memaksakan kadernya, Sandiaga Uno untuk jadi bakal cawapres Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

Menurut dia, kerja sama politik yang dibangun itu harus berdasarkan kesukarelaan dari masing-masing parpol untuk membangun Indonesia lebih baik..

Baca Juga: PPP Kian Optimistis Sandiaga Uno Dampingi Ganjar Pranowo, Efek Dukungan Golkar dan PAN ke Prabowo

“Monggo (kalau PPP ingin hengkang). Lagi-lagi kan bagi PDI Perjuangan kerja sama politik itu dasarnya harus kesukarelaan,” kata Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/8/2023). 

Wakil Ketua MPR itu menjelaskan, terkait keputusan bakal cawapres Ganjar itu harus dibahas bersama seluruh parpol pendukung Ganjar. 

Ia menambahkan, hingga saat ini masih belum diputuskan siapa tokoh yang pantas untuk mendampingi Ganjar.

“Saya kira probability mereka untuk menjadi cawapres pak Ganjar, cukup tinggi, kita tunggu nanti pada akhirnya batas akhir pendaftaran capres cawapres yang telah diatur KPU, kita lihat bagaimana formasi grouping parpolnya, dan formasi capres cawapresnya,” ujarnya.

Sebelumnya, PPP semakin optimistis peluang Sandiaga Uno damping Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden di Pemilihan Presiden 2024 menguat.


Hal itu dikarenakan dua partai politik, Golkar dan PAN mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Ketua Majelis Pertimbangan PPP, M Romahurmuziy, langkah Golkar dan PAN itu membuat PPP semakin yakin peluang Sandi menjadi pendamping Ganjar kian kuat.

Baca Juga: Kata Sandiaga Uno Soal Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto

Ia menegaskan hal itu amat mungkin terjadi karena berkurangnya saingan.

“Peluang Pak Sandi untuk dilamar sebagai calon wakil presiden semakin kuat, dikarenakan adanya deklarasi pada pagi hari ini (kemarin, red) yang membuat kejutan,” ujarnya kepada Kompas TV, kemarin.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x