Kompas TV nasional politik

Andika Perkasa, Mantan Panglima TNI dan Menantu A.M Hendropriyono, Kini Siap Bakal Cawapres Ganjar

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 11:07 WIB
andika-perkasa-mantan-panglima-tni-dan-menantu-a-m-hendropriyono-kini-siap-bakal-cawapres-ganjar
Bakal Capres dari PDI-P Ganjar Pranowo bersama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dalam sebuah acara. Andika Perkasa mengaku siap menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa siap menjadi pendamping Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden (wapres)

"Kalau ditugaskan, saya siap. (Bakal cawapres) kan sebuah tugas, tugas kehormatan, dan saya akan berusaha yang terbaik," ujar Andika, Selasa (11/7/2023), dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV.

Andika mengaku dirinya lebih condong ke bakal capres Ganjar Pranowo lantaran memiliki visi ingin melanjutkan program yang digagas di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelumnya, dalam acara Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (24/6), Andika Perkasa juga datang.  Ia masuk melalui lobi timur dengan mengenakan batik berwarna merah dan kacamata hitam.

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani saat itu menyatakan, Andika dipertimbangkan menjadi ketua timses pemenangan Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Andika Perkasa Siap Ditugaskan Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Andika Perkasa, bukan nama baru bagi pemerintahan Jokowi. Dua hari setelah dilantik jadi presiden, menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono ini ditunjuk jadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada 2014 silam. Semenjak itu, karirnya di dunia militer terus meroket.


Usai bertugas sebagai Komandan Paspampres, lelaki kelahiran 21 Desember 1964 di Bandung, Jawa Barat ini, kemudian dilantik sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura pada 2016 dan dipilih menjadi Komandan Kodiklat TNI AD pada 2018. 

Tanpa hambatan berarti, usai menjadi Pangdam Tanjungpura, pada akhir 2018, lelaki berperawakan tegap dan berotot ini dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Jalan mulus menjadi Panglima TNI pun terbuka lebar, yang ditetapkan pada 2021.

Hanya menjabat setahun sebagai orang nomor satu di TNI,  Andika Perkasa kemudian pensiun. Usai pensiun, namanya banyak disebut cocok menjadi calon wakil presiden. 

Baca Juga: Politikus PDIP Sebut Andika Perkasa dan Menag Yaqut Bukan Nama Baru dalam Bursa Cawapres Ganjar

Andika Perkasa menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, yang biasa disapa Hetty,  pada 1992. Pernikahan yang dijodohkan itu, langgeng hingga kini dan sudah dikarunia tiga anak, Alexander Akbar Wiratama Perkasa Hendropriyono, Angela Adinda Nurrina Perkasa Hendropriyono dan Andrew Perkasa.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x