Kompas TV nasional peristiwa

RSCM Ungkap Penyebab Fajri Pria Obesitas 300 Kg Meninggal: Alami Infeksi Multiple

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 13:29 WIB
rscm-ungkap-penyebab-fajri-pria-obesitas-300-kg-meninggal-alami-infeksi-multiple
Fajri (27), pria obesitas berbobot hampir 300 kg saat dirujuk ke RSCM, Jumat (9/6/2023). Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengungkapkan penyebab meninggalnya Muhammad Fajri (MF), pria asal Tangerang yang memiliki bobot hampir 300 kilogram (kg).  (Sumber: KompasTV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengungkapkan penyebab meninggalnya Muhammad Fajri (MF), pria asal Tangerang yang memiliki bobot hampir 300 kilogram (kg).

Infeksi multiple disebut sebagai penyebab pria berusia 27 tahun tersebut mengembuskan napas terakhir di RSCM.

Hal ini disampaikan Tim Humas RSCM, Yani Astuti, dalam keterangan pers, Kamis (22/6/2023).

Ia menyebut, tim dokter dan tim tenaga kesehatan yang melakukan perawatan terhadap Fajri telah berusaha optimal.

"Terapi multidisiplin yang terdiri dari dokter ahli perawatan intensif (intensivis), paru, jantung, pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi medik, dan tenaga kesehatan lainnya telah mengoptimalkan segala upaya untuk perawatan MF agar kembali stabil," jelas Yani.

Adapun perawatan yang sudah dilakukan, yaitu terapi antibiotik untuk infeksinya, terapi alat bantu pernapasan, jantung, ginjal, dan semua organ yang terganggu akibat gagal organ multipel akibat syok sepsis.

Dalam kesempatan itu, ia menyebut kendala yang dihadapi selama perawatan pasien yakni lebih ke arah ukuran dan berat badan.

Dari mulai sulitnya mencari tempat tidur yang fit dengan ukuran tubuh Fajri, hingga memposisikan tubuhnya, dan kesulitan melakukan prosedur diagnostik tertentu (tidak muat masuk MRI dan CT scan).

Baca Juga: Berkaca dari Fajri, yuk Mengenal Lebih Jauh Soal Obesitas: Kapan Seseorang Disebut Mengalaminya?

Lebih lanjut, ia mengatakan seluruh jajaran direksi RSCM, tim dokter dan tim tenaga kesehatan yang melakukan perawatan menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fajri.

"Atas meninggalnya pasien MF, kami sampaikan duka cita yang mendalam dan turut prihatin atas kondisi yang dialami oleh keluarga," ujar Yani, dikutip dari TribunJakarta.


Fajri "300 Kg" dimakamkan hari ini

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Fajri menghembuskan napas terakhir di RSCM pada Kamis dini hari tadi atau tepatnya pukul 01.25 WIB.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, pada hari ini.

Hal ini disampaikan pelaksana Tugas Direktur Pelayanan Operasional RSCM Renan Sukmawan  dalam konferensi pers di RSCM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/6).

"Pihak RSCM juga terus berkoordinasi untuk proses selanjutnya, baik dengan DKI untuk pemakaman. Insyaallah rencananya akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo pada hari ini," ujarnya,

Baca Juga: Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kg Meninggal Dunia

 



Sumber : Kompas TV/Tribun Jakarta



BERITA LAINNYA



Close Ads x