Kompas TV nasional politik

Indikator Politik Sebut 4 Partai yang Berpotensi Koalisi dengan PDI Perjuangan

Kompas.tv - 21 April 2023, 21:53 WIB
indikator-politik-sebut-4-partai-yang-berpotensi-koalisi-dengan-pdi-perjuangan
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah kepada bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, setidaknya ada empat partai politik yang berpotensi berkoalisi dengan PDI Perjuangan dalam Pilpres 2024.

Seperti yang diketahui, PDI Perjuangan sudah mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Menurut Burhanuddin, dari sisi historis PDI Perjuangan tidak pernah maju sendiri, selalu punya rekam jejak berkoalisi dengan partai lain.

Dilihat dari sisi politik dari partai pendukung pemerintah dan kedekatan partai, yang mungkin ideal berkoalisi dengan Gerindra dan ini pernah dilakukan pada 2009.

“Tapi masalahnya semua punya keinginan menjadi capres, pertanyaannya, apakah Prabowo mau mengalah sebagai cawapres Ganjar, ini bergantung dari elektabilitas Prabowo dan Ganjar dalam enam bulan ke depan sebelum pendaftaran,” ucapnya.

Baca Juga: Usai Ditunjuk Jadi Bacapres PDIP, Ganjar Pulang Semobil dengan Jokowi

Kemungkinan lain, PDI Perjuangan punya peluang berkoalisi dengan KIB yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP. Terlebih, KIB belum punya bakal capres yang kompetitif.

“Ini bisa dilakukan PDI Perjuangan yang juga perlu dukungan dari partai yang punya latar belakang Islam,” tuturnya.

Sementara, Ketua DPP PDI Perjuangan Nusyirwan Soejono menilai, langkah kerja sama itu sah-sah saja untuk memenangkan calon.

Ia tidak menampik, salah satu pertimbangan elektabilitas enam bulan ke depan.

Kendati demikian, ia berpendapat tinjauan untuk menjadi pemimpin di negeri ini tidak hanya itu, apalagi kalau elektabilitas itu dipengaruhi dorongan posisi saat ini di pemerintahan atau keberuntungan-keberuntungan situasi.

Baca Juga: Kode-Kode Jokowi Dukung Ganjar Bacapres Terlontar Sejak Tahun Lalu

“Tinjauannya lebih bagus jika berdasarkan rekam jejak sehingga bisa menjadi pemimpin yang diharapkan di negara kita ini,” kata Nusyirwan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x