Kompas TV nasional peristiwa

Arus Mudik Lebaran 2023, Jalur Arteri Karawang Padat, Didominasi Kendaraan Roda Dua

Kompas.tv - 19 April 2023, 20:37 WIB
arus-mudik-lebaran-2023-jalur-arteri-karawang-padat-didominasi-kendaraan-roda-dua
Arus mudik jalur arteri Karawang Jawa Barat pada Rabu (19/4/2023) mengalami peningkatan drastis dibanding Selasa (18/4) kemarin. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Arus mudik jalur Arteri Karawang Jawa Barat pada Rabu (19/4/2023) mengalami peningkatan drastis dibanding Selasa (18/4) kemarin.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Adi Wahadi di Jalur Arteri Karawang, peningkatan kendaraan terjadi sejak Rabu siang. Peningkatan jumlah pemudik pun diprediksi akan terus terjadi hingga malam nanti. 

Sementara sekitar pukul 18.37 WIB, di jalan Raya Klari, Karawang terpantau padat.

Kendaraan hanya dapat melintas dengan kecepatan 20 kilometer (km) per jam dan disertai kondisi jalan yang tersendat. 

Kepadatan yang terjadi pun cukup panjang. Di jalur dari arah Jakarta, kepadatan dimulai dari Simpang Jalan Baru atau Peundeuy hingga wilayah Jalan Klari, tepatnya di Desa Pancawati. Kepadatan terjadi sepanjang hampir 5 km.

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran, Jasa Marga Catat Sudah 174 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek via Tol

Begitu juga sebaliknya, kendaraan dari arah Timur menuju Barat atau Jakarta, juga tersendat padat.

Meski kendaraan roda empat dan kendaraan berat nampak melintas di jalur tersebut, namun kepadatan kendaraan didominasi oleh kendaraan roda dua. 

Di sisi lain, terkait kepadatan kendaraan ini, sejatinya pihak kepolisian telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasinya.

Salah satunya yakni mengarahkan kendaraan pemudik ke jalur alternatif wilayah Lamaran hingga wilayah perbatasan Kabupaten Karawang dan Subang.

Diketahui, jalur arteri ini menjadi padat diduga akibat imbas penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di tol dan juga dilintasi kendaraan berat.

Baca Juga: Pantauan Arus Mudik: Kepadatan Tol Kalikangkung Lebih dari 1 Km | 19 April 2023


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x