Kompas TV nasional peristiwa

Berita Duka, Pangkogabwilhan II Marsekal Muda Novyan Samyoga Meninggal Dunia

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 23:41 WIB
berita-duka-pangkogabwilhan-ii-marsekal-muda-novyan-samyoga-meninggal-dunia
Marsekal Muda Novyan Samyoga. (Sumber: Tangkapan Layar Kompas.tv)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Berita duka, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) Marsekal Muda Novyan Samyoga dikabarkan meninggal dunia, Senin (3/10/2022).

Kabar ini dipastikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah.

“Iya betul (meninggal dunia), mohon doanya,” kata Indan melalui pesan singkat, Senin (3/10/2022) dikutip dari Kompas.com.

Sementara informasi yang diperoleh Jurnalis KompasTV Ardi Prasetyo dari Dispen TNI AU, Novyan Samyoga meninggal karena sakit dalam perawatan di RSPAD Gatot Soebroto. Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka yang berada di Kompleks Perumahan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Rencananya Novyan akan dimakamkan pada esok hari. "Rencana pemakaman besok, tempat menyusul," tulis Dispen TNI AU dalam pesan elektronik yang diterima KompasTV.

Sebagai informasi, Novyan merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Udara bintang dua. Belum lama, Novyan baru mendapat promosi jabatan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) menjadi Pangkogabwilhan II. 

Baca Juga: Punya Video-Video Kekerasan TNI di Stadion Kanjuruhan? Jenderal Andika: Kirim ke Saya

Novyan menggantikan Marsekal Madya Imran Baidirus yang menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI Angkatan Udara dalam rangka pensiun.

Dalam ranah jabatan kemiliterannya, jebolan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989  itu pernah menduduki posisi strategis di lingkungan TNI.

Pada 2015-2016 lalu, Novyan mengemban posisi Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I dan Komandan Lanud Adisutjipto pada 2018-2019.

Selanjutnya menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara pada 2018-2019 dan Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI pada 2019.

Kemudian Wakil Inspektur Jenderal TNI pada 2019-2020, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III pada 2020-2021, Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional pada 2021-2022, dan terakhir Kepala Staf Koopsudnas.

Baca Juga: Pramugari Beberkan Pemilik Jet Pribadi yang Disewa Enembe: Milik Orang Singapura!




Sumber : Kompas TV/Kompas.com




BERITA LAINNYA


VOD

Momen Paus Fransiskus Sapa Warga di Monas

4 September 2024, 16:40 WIB
VOD

Luis Suarez Pensiun dari Timnas Uruguay

4 September 2024, 16:35 WIB

Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x