Kompas TV nasional peristiwa

Pesawat TNI AL yang Jatuh Ternyata sedang Latihan untuk Sambut Tamu dari Kamboja

Kompas.tv - 7 September 2022, 15:14 WIB
pesawat-tni-al-yang-jatuh-ternyata-sedang-latihan-untuk-sambut-tamu-dari-kamboja
Foto ilustrasi. Pesawat latih jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Rabu (7/9/2022). Pesawat mengalami kecelakaan ketika berlatih untuk menyambut tamu dari Kamboja (Sumber: aerocontact.com)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat udara jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut (AL) (7/9/2022) dikabarkan jatuh di sekitar Selat Madura, Rabu (7/9/2022).

Peristiwa terjadi di tengah latihan dalam rangka menyambut tamu dari Kamboja.

Hal itu dilaporkan jurnalis Kompas TV Dedy Hriyanto dari Pelabuhan Gresik yang menjadi titik awal keberangkatan pencarian pesawat.

"Selama dua hari terakhir ada sejumlah kegiatan, ada tamu dari luar negeri. Tadi pagi, informasinya ada latihan penyambutan dari Kamboja," terang Dedy dalam laporannya pada program Breaking News.

"Latihan itu dilakukan satu jam sejak pukul 08.00 WIB. Adapun pukul 09.00 WIB seharusnya sudah kembali ke lapangan, tetapi pesawat T-2503 ini tiba-tiba hilang kontak," imbuhnya.

Baca Juga: Pesawat Latih Jatuh di Perairan Barat Surabaya, TNI AL Kerahkan 7 KRI dan Tim Kopaska untuk Mencari

Melalui pers rilis, Komando Armada II menyebut sudah menerjunkan 7 KRI, 1 pesawat CN235, 2 helikopter, 2 KAL, 2 Tim Kopaska, dan 2 tim penyelam.

"Informasi terbaru yang kita terima, ternyata dari titik dugaan jatuhnya pesawat itu, lebih memungkinkan evakuasi dari Gresik, karena dari Bangkalan, tidak memiliki pelabuhan yang memadai apabila nantinya dilakukan evakuasi," ujar Dedy.

Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi masih berlangsung di bawah komando Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II. Evakuasi pada pagi hari sempat mengalami kendala akibat cuaca buruk.

Baca Juga: Pesawat Latih Mendarat Darurat Di Pantai, 2 Orang Terluka


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Sulawesi

Pilkada Serentak 2024 Ramai Cakada

3 September 2024, 12:57 WIB

Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x