Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Kita Semua Sepakat untuk Berlandaskan pada Pancasila, Harus Betul-Betul Diamalkan

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 08:14 WIB
jokowi-kita-semua-sepakat-untuk-berlandaskan-pada-pancasila-harus-betul-betul-diamalkan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menyampaikan amanat dalam upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, NTT, Rabu (1/6/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

ENDE, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Rabu (1/6/2022).

Dalam upacara kali ini Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Ragi Lambu-Luka Lesu dan membuka amanat dengan salam Pancasila.

Sementara Iriana Joko Widodo tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.

Kepala Negara dalam amanatnya menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai penuntun bangsa. Hal itu dibuktikan dengan menilik sejarah bangsa terkait Pancasila.

"Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa," tutur Jokowi dalam amanat upacara, Rabu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Disambut Histeris Warga Ende, Nusa Tenggara Timur

Jokowi kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa dasar negara Indonesia telah final yakni Pancasila.

"Kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila, tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila," tuturnya.

"Ini tugas kita semua, komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa," lanjut Jokowi.

Terakhir, Jokowi meminta seluruh jajaran pemimpin bangsa terutama pejabat hingga tokoh untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai Pancasila.

"Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh ormas, dan para pemimpin lainnya untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila."

Amanat ditutup oleh Presiden Jokowi dengan teriakan merdeka yang diikuti oleh para peserta upacara.

Baca Juga: Jelang Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Presiden Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 kali ini dikomandani oleh Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.

Sementara pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick akan membacakan naskah UUD 1945.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan membacakan doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x