Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Jokowi Kepada Bambang Susantono: IKN Bisa Jadi Kota Humanis dan Inklusif

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 07:42 WIB
pesan-jokowi-kepada-bambang-susantono-ikn-bisa-jadi-kota-humanis-dan-inklusif
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Laman Youtube resmi Sekretarian Presiden)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV — Bambang Susantono resmi menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara setelah dilantik Presiden Joko Widodo, Kamis (10/3/2022).

Bambang mengungkapkan pesan Jokowi soal IKN kepada dirinya. Bambang mengatakan, presiden berharap dirinya dan Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe, bisa membangun IKN sebagai kota masa depan yang layak huni, humanis, inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

"Bapak Presiden harapkan ini kota akan menjadi satu kota yang dapat merefleksikan kota Indonesia di masa depan," kata Bambang usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, seperti dilansir Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Bambang juga menyebut, bahwa Jokowi berharap agar IKN menjadi kota layak huni sekaligus humanis. Artinya, IKN bisa diciptakan menjadi a city dor all atau kota untuk semua kalangan.

"Jadi kata-kata ini semua terangkum dalam kesatuan di mana kota tersebut dibangun untuk semua kalangan, a city for all istilahnya, karena itu sifatnya inklusif," imbuhnya.

Baca Juga: Cerita Dhony Rahajoe Diminta Jadi Wakil Kepala Otorita IKN H-1 Pelantikan

Tak hanya itu, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe juga diminta untuk tidak hanya fokus pada fisik, tetapi juga bagaimana membangun kerekatan sosial atau interaksi antarwarga.

Kendati demikian, kata Bambang untuk membangun sebuah kota perlu waktu 15-20 tahun, demikian pula dengan IKN.

Oleh karenanya, Bambang mengaku akan segera menghubungi kementerian/lembaga yang sebelumnya telah menyiapkan konsep IKN untuk segera memulai pembangunan.

Dia mengatakan bakal berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan pihak-pihak terkait.

Bambang pun meminta dukungan masyarakat agar dapat mewujudkan IKN sebagai kota yang merefleksikan kearifan lokal dan nilai-nilai nusantara.

"Kami mohon dukungan semua lapisan masyarakat untuk sama-sama kita membangun kota Nusantara sehingga menjadi kota yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan," kata dia.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita Negara (IKN) Nusantara di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Bersamaan dengan Bambang, Presiden Jokowi juga melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita Negara.

Bambang Susantono merupakan ahli tata kota dan transportasi yang pernah menjabat sebagai wakil menteri perhubungan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sedangkan wakilnya, Dhony Rahajoe merupakan managing director president office di Sinarmas Land. Diketahui, Dhony pernah terlibat dalam proses perumusan pemindahan ibu kota baru.

Baca Juga: Ridwan Kamil Nilai Bambang Susantono Sosok Tepat Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x