Kompas TV nasional peristiwa

Meriahkan Gelaran MotoGP, Patung Presiden Jokowi Bermotor Bakal Dipajang di Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 13 Februari 2022, 17:26 WIB
meriahkan-gelaran-motogp-patung-presiden-jokowi-bermotor-bakal-dipajang-di-sirkuit-mandalika
Penampakan patung Presiden Joko Widodo mengendarai motor yang akan dipajang dan memeriahkan gelaran MotoGP Mandalika. (Sumber: Kompas.com/Dok Pribadi Nyoman Nuarta)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengendarai motor custom Kawasaki W175 bakal dipajang di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Laporan KOMPAS TV di lapangan, patung karya seniman Nyoman Nuarta tersebut segera dipamerkan dalam perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Maret 2022 mendatang.

Nyoman menjelaskan, patung tersebut sedang dalam proses penyelesaian akhir dan akan segera dikirimkan ke lokasi secepatnya.

"Rencana kita ngepak dua hari lagi. Setelah itu, besoknya berangkat. Kita lihat sekarang laporan BMKG, cuaca itu kurang baik. Di laut ombak sedang besar," jelasnya kepada jurnalis KOMPAS TV, Reza Pratama, Jumat (13/2/2022).

Baca Juga: Hari Terakhir Tes Pramusim MotoGP 2022, Pembalap Tes Kekuatan Motor di Sirkuit Mandalika

Sebelumnya diberitakan, Nyoman mendapatkan permintaan pembuatan patung Presiden Jokowi dari Kementerian PUPR.

Dia dihubungi oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti yang meminta membuatkan patung tersebut yang akan dipajang di pintu gerbang Sirkuit Mandalika.

"Saya ditelpon oleh bu Dirjen Cipta Karya. Katanya di Mandalika perlu ada patung di pintu gerbangnya. Saya pikir kan di situ tempat balapan motoGP, dan Pak Jokowi hobinya naik motor, jadi cocok," jelasnya dikutip dari Kompas.com.

Patung yang dinamakan "Speed" itu menggambarkan motor yang sedang melesat.

Nyoman mendapatkan ide itu dari slogan ala Presiden Jokowi yakni "Gas Pol".

"Pak Jokowi ini terkenal dengan gas pol jadi saya kaitkan ke sana. Beliau kan bukan main ya pergerakannya, luar biasa," terangnya.

Baca Juga: Patung Presiden Jokowi Naik Motor, Karya Nyoman Nuarta

"Saya kagum lihat orang yang begitu kuat di masa pandemi, tetap bergerak ke daerah mana-mana," jelas Nyoman.

Seniman patung Garuda Wisnu Kencana itu menjelaskan, dalam prosesnya dia membuat patung tersebut hanya memakan waktu 3 minggu.

"Saya cari referensi yang (Pak Jokowi) pakai foto jaket G20. Waktunya memang singkat, kami kerjakan dalam tiga minggu ini sudah selesai," jelasnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x