Kompas TV nasional politik

Jokowi-Ma ruf Amin Hadiri Pengukuhan Pengurus PBNU, Besok 31 Januari 2022

Kompas.tv - 30 Januari 2022, 10:20 WIB
jokowi-ma-ruf-amin-hadiri-pengukuhan-pengurus-pbnu-besok-31-januari-2022
Gus Yahya Cholil Staquf usai terpilih dalam Muktamar NU ke-34 Lampung. Pada hari Senin 31 Januari besok, pengurus PBNU periode 2022-2027 dikukuhkan di Baikpapan, Jokowi dan wapres Maruf Amin dijadwalkan hadir (Sumber: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBAROK A)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memastikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin menghadiri prosesi pengukuhan pengurus PBNU periode 2022-2027 yang akan digelar besok, Senin 31 Januari 2022 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sekretasris Jenderal (Sekjen) PBNU, KH Saifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul menyatakan, selain Presiden dan Wakil Presiden bakal hadir di pengukuhan.

Selain itu, di lokasi pengukuhan akan dibatasi maksimal 300 orang saja. Acara bakal dilangsungkan di Balikpapan Sport and Convention Center Dome.

“Selain Presiden dan Wakil Presiden, beberapa menteri, pejabat tinggi negara, para duta besar negara-negara sahabat,” papar Gus Ipul dalam rilis yang diterima redaksi KOMPAS TV, Sabtu malam (29/1).

Baca Juga: Mungkinkah Perempuan Jadi Ketum PBNU? | Rosi

Gus Ipul juga menjelaskan, persiapan sudah 90 persen. Ia juga  mengecek lokasi di Dome, Balikpapan Sport panitia terus bekerja untuk finalisasi lokasi.

Gus Ipul juga menjelaskan, nantinya para peserta yang hadir juga membawa PCR sebagai syarat bisa memasuki Gedung.

Panitia juga menyediakan tes usap cepat atau PCR bagi seluruh pengurus yang akan dilantik. Tes PCR dilakukan dengan cara jemput bola atau mendatangi lokasi penginapan para pengurus yang akan dikukuhkan.

"Semua pengurus, panitia, dan undangan harus swab PCR. Jadi kami mengimbau para undangan bisa membawa hasil swab PCR ketika datang ke lokasi," kata Gus Ipul.

Baca Juga: Pertama Kali dalam Sejarah, 11 Perempuan jadi Pengurus PBNU | Rosi (3)

Pencanangan Kantor PBNU di IKN

Selain pengukuhan pengurus, katanya, akan dilakukan pencanangan Kantor PBNU di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Pencanangan kantor baru dilakukan pada Minggu (30/1), sedangkan pengukuhan pengurus PBNU digelar pada Senin (31/1).

Untuk pengukuhan pengurus, papar dia,  saat ini panitia sedang dalam proses finalisasi dekorasi di Gedung Dome. Pengamanan telah ditetapkan dan melibatkan Paspampres dan personel gabungan.

Di lokasi pengukuhan akan dibatasi maksimal 300 orang, forkopimda Kalimantan Timur akan hadir. Termasuk pula, dua orang perwakilan masing-masing Pengurus Wilayah NU se-Indonesia. 

“Sedangkan pengurus cabang NU diimbau untuk mengikuti pengukuhan melalui siaran langsung kanal YouTube NU Online,”  katanya.

Baca Juga: Gus Yahya Ingatkan NU sebagai Lembaga Tak Boleh Ikut Kegiatan Politik Praktis

Terkait pencanangan kantor baru PBNU di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, hanya akan dihadiri beberapa pengurus inti PBNU. 

Selain akan membangun kantor baru, PBNU berencana membangun rumah sakit, kampus, dan pesantren di IKN Nusantara.

"Pencanangan kantor baru ini merupakan bentuk komitmen PBNU untuk mengiringi pembangunan IKN di Kalimantan Timur," ujarnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x